Senin, 29/04/2024 14:09 WIB

Penjelasan Ilmiah Seputar Mitos Tindihan

Apakah anda pernah merasa tiba-tiba lumpuh saat tidur namun anda berada dalam keadaan sadar

Ilustrasi

Jakarta - Apakah anda pernah merasa tiba-tiba lumpuh saat tidur namun anda berada dalam keadaan sadar. Banyak sebutan untuk kejadian seperti ini, ada yang menyebutnya tindihan, eurep-eurep, arep-arep dan lain-lain.

Banyak yang menghubungkan kejadian ini dengan fenomena ghaib. Namun ternyata seperti yang dilansir dari gadis, ada penjelasan ilmiah berkenaan dengan fenomena ini, nama ilmiahnya adaalah sleep paralysis.

Gejalanya adalah tidak mampu menggerakkan anggota tubuh saat kita telah sadar namun dalam keadaan masih memejamkan mata. Hal itu terasa sangat mengerikan sehingga membuat banyak orang akhirnya berhalusinasi tentang hal-hal yang menyeramkan dan menganggap halusinasi itu nyata.

Karena itulah sleep paralysis ini akhirnya mulai dihubung-hubungkan dengan alam ghaib. Padahal ini sebenarnya termasuk salah satu gangguan tidur. Ada beberapa tahapan ketika kita tertidur, tahap paling akhir adalah rapid eye movement (REM) dalam kondisi ini tubuh secara otomatis akan mematikan seluruh fungi otot terkecuali otot mata.

Ketika itu tubuh sudah siap untuk bermimipi, persoalannya adalah ketika berada dalam tahapan REM itu pikiran kita masih tersadar, sehingga tubuh tidak dapat bergerak, ini yang disebut gejala sleep paralysis. Halusinasi muncul karena kita sudah berada dalam tahap mimpi, makanya banyak irang yang mengimajinasikan hal-hal buruk dan berpikir bahwa itu nyata.

Sebenarnya cara untuk mencegah hal tersebut terbilang sangat mudah, cukup kurangi kegiatan yang akan menyebabkan anda capek 3 jam sebelum tidur. Kemudian coba hindari tidur dengan posisi terlentang, karena akan menyebabkan kemungkinan terjadinya sleep paralysis lebih besar terjadi dibanding saat seseorang tidak tidur terlentang.

KEYWORD :

Tips Tindihan Arep-arep




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :