Kamis, 18/07/2024 15:52 WIB

Nusantara Airport Ditargetkan Rampung Sebelum Akhir Juli 2024

Rampungnnya bandara ini, seluruh tamu undangan VIP dan tamu negara yang mengikuti upaya dengan menumpang pesawat dapat mendarat di Nusantara Airport

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto Humas Kemenhub)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan Nusantara Airport rampung sebelum akhir Juli 2024.

Pembangunan ini digenjot terkait dengan persiapan Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan rampungnnya bandara ini, seluruh tamu undangan VIP dan tamu negara yang mengikuti upaya dengan menumpang pesawat dapat mendarat di Nusantara Airport.

"Mempermudah para tamu negara dan VIP mengikuti upacara HUT RI di IKN," ujar Menhub.

Adapun leading sector perayaan HUT Kemerdekaan RI adalah Kepala Sekretariat Presiden. Namun Kementerian Perhubungan ditugaskan secara khusus oleh Presiden Jokowi untuk persiapan Bandara IKN yang sekarang ditetapkan namanya menjadi Nusantara Airport.

Oleh karena itu, Menhub menargetkan pengerjaan Nusantara Airport yang kini sudah berjalan 50% akan rampung dan uji coba sebelum akhir Juli 2024.

Sementara itu, dalam proses pembangunan Nusantara Airport kerap menghadapi tantangan mulai dari hujan yang berlebihan. Sehinggaharus dilakukan pengkondisian cuaca dengan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Nusantara Airport memiliki luas terminal 7.350 meter persegi dan luar area bandara 347 hektare (Ha).

Adapun konsep desai terminal bandara ini memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dan berorientasi ramah lingkungan.

Runway bandara IKN memiliki panjang 3.000 meter dan lebar 45 meter. Dengan demikian pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300ER DAN Airbus A380 dapat mendarat di bandara tersebut.(ant)

 

KEYWORD :

Nusantara Airport Budi Karya Sumadi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :