Minggu, 16/06/2024 10:35 WIB

Menteri Palestina Desak AS untuk Menekan Israel agar Membuka Penyeberangan Rafah

Menteri Palestina Desak AS untuk Menekan Israel agar Membuka Penyeberangan Rafah

Menteri Kesehatan Palestina Majed Abu Ramadan menghadiri pengarahan ACANU di sela-sela Majelis Kesehatan Dunia PBB di Jenewa, Swiss, 29 Mei 2024. REUTERS

JENEWA - Menteri Kesehatan Palestina pada Rabu mendesak Amerika Serikat untuk menekan Israel agar membuka penyeberangan Rafah untuk bantuan kemanusiaan, dengan mengatakan tidak ada indikasi bahwa pemerintah Israel akan segera melakukannya.

Rafah adalah pintu masuk utama bantuan kemanusiaan sebelum Israel meningkatkan serangan militernya di perbatasan Gaza awal bulan ini dan mengambil kendali penyeberangan dari sisi Palestina.

Organisasi Kesehatan Dunia, membuka tab baru (WHO) mengatakan bahwa penutupannya telah secara signifikan mempengaruhi kemampuannya untuk mengirimkan pasokan medis penting ke Jalur Gaza, yang telah menjadi sasaran serangan Israel sejak serangan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober. .

“Tidak ada indikasi kapan mereka ingin membukanya,” kata Menteri Palestina, Majed Abu Ramadan, kepada wartawan di sela-sela Majelis Kesehatan Dunia di Jenewa.

"Namun, saya berharap semua teman kita dan komunitas internasional akan memberikan tekanan yang kuat, dan terutama Amerika Serikat, mereka harus melakukan tekanan yang kuat untuk membuka peluang tersebut."

Abu Ramadan mengatakan penutupan penyeberangan itu "memperumit situasi" dan menjadikannya "sangat, sangat bencana".

Israel mengirim tanknya ke Rafah untuk pertama kalinya pada hari Selasa, meskipun ada perintah dari Mahkamah Internasional untuk mengakhiri serangannya terhadap kota tersebut.

Sekitar satu juta orang telah meninggalkan kota Gaza dalam tiga minggu terakhir untuk berlindung dari pemboman di daerah kantong padat penduduk tersebut, menurut badan pengungsi Palestina PBB (UNRWA).

“Mengenai sektor kesehatan, lebih dari 80% bangunan kami hancur, hancur total atau sebagian, termasuk rumah sakit, tempat perawatan anak, layanan kesehatan primer,” kata Abu Ramadan.

“Pasien kanker dan penyakit darah sekarat karena mereka tidak bisa mendapatkan kemoterapi, dan mereka tidak bisa menjalani radioterapi. Banyak orang kehilangan anggota tubuh mereka, satu atau lebih, karena tidak ada fasilitas untuk merawat mereka atau peralatannya.”

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Penyaluran Bantuan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :