Sabtu, 27/04/2024 21:39 WIB

Cetak Sejarah, Ratu Camilla Jadi Permaisuri Pertama yang Pimpin Tradisi Kuno Paskah Kerajaan

Cetak Sejarah, Ratu Camilla Jadi Permaisuri Pertama yang Pimpin Tradisi Kuno Paskah Kerajaan

Ratu Camilla menghadiri Royal Maundy Service di Katedral Worcester pada Kamis, 28 Maret 2024. (FOTO: GETTY IMAGES)

JAKARTA - Ratu Camilla membuat sejarah menggantikan Raja Charles dengan tradisi kuno Paskah Kerajaan Inggris.

Sementara Raja Charles diperkirakan akan bergabung dengan keluarga kerajaan pada tamasya gereja Paskah pada hari Minggu (31/3/2024) di tengah pengobatan kankernya, Ratu Camilla melakukan kehormatan dengan membagikan hadiah Royal Maundy atas nama suaminya pada Royal Maundy Service tahunan di Katedral Worcester, Kamis (28/3/2024).

Sebelumnya diumumkan bahwa Ratu Camilla (76) akan menggantikan Raja Charles (75) pada acara sebelum Paskah, karena Raja telah menunda tugas-tugas publik saat menerima perawatan kanker.

Sang Ratu dilaporkan siap untuk membuat sejarah kerajaan sebagai permaisuri pertama yang memimpin tradisi kuno, yang ditelusuri keluarga kerajaan sejak tahun 600 M.

Ratu Camilla tiba sendirian di Katedral Worcester pada Kamis pagi, di mana dia disambut oleh para pejabat dan diberikan nosegay tradisional, sebuah karangan bunga kecil, sebelum duduk untuk kebaktian di katedral yang didirikan pada tahun 680 itu.

Dalam anggukan menyentuh kepada Ratu Elizabeth, Ratu Camilla menghiasi kerah mantel Fiona Clare-nya dengan bros bunga emas dan safir milik mendiang Ratu.

Royal Maundy Service tampaknya menjadi sorotan dalam kalender tahunan Ratu Elizabeth, dan ibunda Raja Charles menghadiri acara tersebut hampir setiap tahun dalam rekor 70 tahun pemerintahannya.

Melanjutkan tradisi, Ratu Camilla membagikan pada 75 pria dan 75 wanita dompet koin berisi uang Maundy.

Jumlah penerimanya menunjukkan umur Raja, dan setiap orang menerima satu kantong putih dan satu kantong merah.

Dompet putih menampilkan koin Maundy perak khusus, sedangkan dompet merah berisi koin £5 berhiaskan Naga Tudor dan koin 50 pence untuk memperingati Royal National Lifeboat Institution selama ulang tahunnya yang ke-200 tahun ini.

Hadiah simbolis ini diberikan sebagai ucapan terima kasih kepada penerima atas kontribusi mereka terhadap gereja dan komunitas mereka, dan penerima manfaat dipilih dari keuskupan Church of England serta mitra Anglikan dan Ekumenis di seluruh Inggris.

Royal Maundy Service ditutup dengan pemberkatan dari Lord High Almoner dan lagu kebangsaan. Ratu Camilla kemudian keluar dari katedral dan menandatangani buku pengunjung saat keluar.

Sang Ratu kemudian berfoto dengan penerima Royal Maundy dan berbicara dengan beberapa kelompok yang membuat acara tahun ini terlaksana.

Kata "Maundy" berasal dari kata Latin yang berarti "perintah", dan raja secara tradisional memimpin Ibadah Maundy setiap tahun pada hari Kamis sebelum Paskah.

Situs web keluarga kerajaan mengatakan bahwa koin-koin upacara sebagian besar tetap sama selama ratusan tahun, dan bahwa tradisi kerajaan dalam memberikan uang Maundy kepada para pensiunan (pensiunan) sejajar dengan Yesus membasuh kaki para Rasul pada Perjamuan Terakhir.

Daily Mail menggambarkan antisipasi ketidakhadiran Raja Charles pada upacara Royal Maundy Service tahun ini sebagai "acara kerajaan paling penting" yang akan dia lewatkan hingga saat ini.

Tahun lalu, Raja dan Ratu sama-sama hadir pada upacara Royal Maundy Service yang pertama pada masa pemerintahan kerajaan yang baru, meskipun mereka menggantikan Ratu Elizabeth pada upacara tersebut pada tahun 2022.

Di sana, Pangeran Charles saat itu secara resmi menggantikan Ratu Elizabeth dengan membagikan Maundy. uang dalam Royal Maundy Service pertama Camilla.

Meskipun Raja Charles tidak dapat menghadiri kebaktian tersebut, dia merekam pesan audio yang diputar kepada jemaah.

“Hadirin sekalian, bagi saya, merupakan kesedihan yang besar karena saya tidak bisa bersama Anda semua hari ini,” kata sang raja.

“Pelayanan Maundy mempunyai tempat yang sangat istimewa di hati saya. Pelayanan ini berawal dari kehidupan Tuhan kita yang berlutut di depan murid-murid-Nya dan, yang sangat mengejutkan mereka, membasuh kaki mereka yang lelah dalam perjalanan. Dan, seperti yang baru saja kita dengar, dalam melakukan hal itu dia dengan sengaja memberikan kepada mereka dan kepada kita semua sebuah contoh bagaimana kita harus melayani dan peduli satu sama lain."

Sementara Raja terus bekerja di belakang layar selama masa pengobatan kankernya, Ratu Camilla telah memainkan peran penting dalam mendukungnya secara pribadi sambil melanjutkan jadwal tugas publik yang penuh.

"Dia adalah kekuatannya dan tetap seperti (Pangeran Philip) untuk mendiang Ratu," kata orang dalam istana.

"Dia akan menjadi hebat. Dia akan mendukungnya, dia akan mendukungnya. Dia luar biasa. Dia memperlengkapi dia untuk melakukan pekerjaan yang harus dia lakukan."

Tim Raja Charles juga dilaporkan sedang memikirkan jadwal musim panas untuk raja di tengah "kepercayaan diri yang meningkat" mengingat perlakuan canggih yang diterimanya.

“Dia positif, para dokter optimis,” kata sumber yang dekat dengan keluarga kerajaan.

Kabar terbaru ini muncul setelah Kate Middleton mengumumkan pada hari Jumat bahwa dia menjalani kemoterapi setelah didiagnosis menderita kanker setelah operasi perut pada bulan Januari. (*)

 

 

KEYWORD :

Ratu Camilla Raja Charles Paskah kanker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :