Sabtu, 27/04/2024 19:11 WIB

Pendukung Oposisi India Ditahan Menjelang Protes di Rumah Modi

Pendukung Oposisi India Ditahan Menjelang Protes di Rumah Modi

Polisi menahan pendukung Partai Aam Aadmi selama protes di New Delhi, India . REUTERS

NEW DELHI - Polisi di ibu kota India menahan puluhan pendukung oposisi pada Selasa ketika mereka berusaha melakukan pawai ke kediaman Perdana Menteri Narendra Modi untuk memprotes penangkapan Ketua Menteri Delhi Arvind Kejriwal minggu lalu.

Kejriwal, seorang pemimpin oposisi utama yang dipimpin oleh Partai Aam Aadmi (AAP) yang telah memerintah wilayah ibu kota nasional selama satu dekade, ditangkap oleh badan pemberantasan kejahatan keuangan atas tuduhan korupsi terkait dengan kebijakan minuman keras di kota tersebut, beberapa minggu sebelum India mulai memberikan suara dalam pemilihan umum pada tanggal 19 April.

Dia dikembalikan ke tahanan Direktorat Penegakan Hukum hingga tanggal 28 Maret, dan pengacara agensi tersebut berargumen bahwa dia adalah "gembong" dalam kasus tersebut dan perlu diinterogasi.

Partai Kejriwal, yang semua pemimpin utamanya kini dipenjara sehubungan dengan kasus ini, mengatakan bahwa dia telah “ditangkap secara salah” dalam “kasus yang dibuat-buat”. Pemerintah federal dan Partai Bharatiya Janata (BJP) yang mengusung Modi menyangkal adanya campur tangan politik.

Pada hari Selasa, pendukung Kejriwal berusaha untuk berjalan menuju kediaman Modi, namun dihentikan oleh polisi di lokasi tempat mereka berkumpul sekitar 5 km (3 mil) jauhnya.

Tayangan televisi menunjukkan beberapa pengunjuk rasa duduk di tanah dan meneriakkan slogan-slogan ketika petugas polisi mencoba menyeret mereka ke dalam bus.

Di tempat lain di kota itu, polisi menggunakan meriam air untuk membubarkan para pendukung BJP yang mencoba melakukan pawai ke Sekretariat Delhi untuk menuntut pengunduran diri Kejriwal, dan menahan beberapa dari mereka.

“Ketua Menteri Delhi korup dan tidak jujur…dia harus mengundurkan diri,” kata Presiden BJP negara bagian Virendraa Sachdeva kepada kantor berita ANI.

Para pemimpin AAP mengatakan Kejriwal tidak akan mengundurkan diri dan protes yang menuntut pembebasannya akan terus berlanjut.

“Saya ingin mengatakan kepada pemerintah federal, perlawanan ini, gerakan ini, tidak akan berhenti karena kekuatan polisi Anda, suara ini menjangkau seluruh negara,” kata Menteri Lingkungan Hidup Delhi Gopal Rai kepada wartawan.

Beberapa stasiun metro ditutup "sampai pemberitahuan lebih lanjut" karena "alasan keamanan", kata Delhi Metro Rail Corporation melalui platform pesan X pada Selasa pagi.

Polisi Delhi mengeluarkan pemberitahuan yang memperingatkan lalu lintas akan terpengaruh "mengingat pengaturan Hukum & Ketertiban khusus" di kota tersebut.

AAP adalah bagian dari blok `INDIA`, sebuah aliansi lebih dari dua lusin partai politik yang dibentuk tahun lalu untuk bersama-sama menantang BJP dalam pemilihan umum.

Kelompok tersebut berencana mengadakan unjuk rasa bersama di Delhi pada tanggal 31 Maret untuk memprotes penangkapan Kejriwal, dengan harapan dapat memperbarui persatuan mereka setelah pertengkaran dan upaya yang gagal dalam berbagi kursi untuk mengajukan kandidat bersama melawan BJP.

Penangkapan tokoh terkemuka Kejriwal, yang partainya juga menguasai negara bagian Punjab di India utara, telah menarik perhatian internasional. Jerman dan AS menyerukan pengadilan yang “adil” dan “tidak memihak” dalam kasus ini sejalan dengan “dasar demokrasi.” prinsip".

KEYWORD :

PM India Narendra Modi Protes Oposisi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :