Selasa, 28/05/2024 23:55 WIB

AS akan Beri Sanksi 93 Entitas dari China, UEA, dan Turki karena Membantu Rusia

AS akan Beri Sanksi 93 Entitas dari China, UEA, dan Turki karena Membantu Rusia

Bendera Rusia dan Ukraina dalam ilustrasi yang diambil pada 27 Januari 2022. Foto: Reuters

WASHINGTON - Pemerintahan Biden mengatakan bahwa pihaknya telah memberlakukan pembatasan perdagangan baru pada 93 entitas dari Rusia, Tiongkok, Turki, Uni Emirat Arab, Kyrgyzstan, India dan Korea Selatan karena mendukung upaya perang Rusia di Ukraina.

Tindakan tersebut, satu hari sebelum ulang tahun kedua invasi Rusia ke Ukraina, pada dasarnya melarang pengiriman AS ke entitas yang menjadi sasaran, termasuk 63 dari Rusia, 16 dari Turki, delapan dari Tiongkok, dan empat dari UEA.

“Kami sangat sedih karena perang pilihan Rusia yang tidak masuk akal dan haus darah terus berlanjut dan kami harus terus menunjukkan tekad dan mendukung rakyat Ukraina,” kata Alan Estevez, wakil menteri Departemen Perdagangan AS yang mengawasi kebijakan ekspor, dalam sebuah pernyataan.

Langkah tersebut, yang menjadikan jumlah total entitas yang terdaftar dalam invasi Rusia ke Ukraina menjadi 900 orang, merupakan salah satu elemen dari rangkaian sanksi terbaru yang dilakukan Amerika Serikat, mitra dan sekutunya sebagai tanggapan terhadap perang yang sedang berlangsung di Rusia di Ukraina, yang dimulai pada bulan 24 Februari 2022.

AS juga menjatuhkan sanksi terhadap lebih dari 500 sasaran terkait perang dan kematian pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny.

Awal pekan ini, Uni Eropa menyetujui paket sanksi ke-13 terkait Ukraina terhadap Rusia, yang melarang hampir 200 entitas dan individu yang dituduh membantu Moskow mendapatkan senjata atau terlibat dalam penculikan anak-anak Ukraina.

Dari 93 entitas yang terdaftar pada hari Jumat, beberapa di antaranya adalah perusahaan yang ditambahkan karena mengalihkan mikroelektronika yang dikendalikan ke otoritas militer dan intelijen Rusia, kata Departemen Perdagangan. Yang lainnya menjadi sasaran karena pengadaan peralatan

Amerika untuk membantu Rusia mengisi kembali amunisi dan barang-barang militer lainnya.

Entitas yang terdaftar termasuk Crynofist Aviation yang berbasis di UEA, yang menyediakan suku cadang untuk pesawat terbang. Rusia telah menghadapi sanksi berat terhadap armada maskapai penerbangan penumpangnya selama dua tahun terakhir dan berjuang untuk mempertahankan dan menjaga agar pesawat-pesawat tersebut tetap beroperasi.

Crynofist, yang ditambahkan untuk upaya mengalihkan barang-barang Amerika ke Rusia, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

KEYWORD :

Sanksi Amerika Perang Ukraina Entitas Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :