Kamis, 18/04/2024 22:18 WIB

Aqua Turut Meriahkan Acara Run For Palestine

Aqua Turut Meriahkan Acara Run For Palestine

Kegiatan Indonesia Run For Palestine.

Jakarta, Jurnas.com - Sekitar dua ribu lebih masyarakat ambil bagian dalam rangka kegiatan “Indonesia Run For Palestine”, yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama (Kemenag) beserta sejumlah sponsor lainnya pada Minggu, 25 Februari 2024. Kegiatan lari dalam rangka solidaritas kemanusiaan untuk Palestina ini dibuka dan dilepas di lapangan Graha Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3, Senayan.

Sebagai perusahaan yang senantiasa mendukung hidup sehat melalui olahraga dan hidrasi sehat, Danone-AQUA ikut ambil bagian dalam kegiatan Run for Palestine Event ini. "Kegiatan ini sejalan dengan komitmen Danone-AQUA yang menentang segala bentuk agresi termasuk agresi Israel di Gaza dan mendukung upaya pemerintah mendukung Palestina," ujar VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto di sela-sela acara.

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Asrorun Ni’am Sholeh mewakili Menpora Dito Ariotedjo membuka dan melepas para peserta lari. Dia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan lari santai ini. Menurutnya, kehadiran ribuan peserta ini menunjukkan posisi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

“Olahraga adalah bahasa yang universal untuk mengekspresikan sebuah hajat dan tujuan. Dan hari ini kita berkumpul, lari, dalam rangka memberikan dukungan moral finansial, dan juga spiritual bagi kemerdekaan Palestina,” katanya.

Dukungan ini menurutnya memiliki makna untuk proses perwujudan perdamaian atau kemerdekaan Palestina. Di tengah kondisi saat ini di mana masyarakat Palestina masih berada dalam penindasan dan juga penjajahan, serta genosida dan juga agresi dari Israel. “Saya mengucapkan selamat berolahraga kepada para peserta. Saya berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat baik dari segi olahraga maupun segi kemanusiaan yang universal,” ucapnya.

Adapun rute yang ditempuh para peserta di sekitar kawasan Gelora Bung Karno (GBK) mencapai 5,5 kilometer. Beragam doorprize diberikan selepas lari kepada para peserta yang beruntung, dengan hadiah utama berupa umrah.

Ketua Baznas RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung aksi kemanusiaan dan menggalang donasi bagi Palestina, dengan kegiatan utamanya berupa Fun Run.

“Ini bukan olahraga biasa, tetapi ini adalah bentuk kepedulian untuk saudara-saudara kita di Palestina,” katanya.

Kiai Noor menjelaskan, dengan konsep kolaboratif, Baznas mengundang seluruh masyarakat tanpa terkecuali, untuk bersama-sama bergerak bagi Palestina dan mengambil bagian pada kegiatan Indonesia Run for Palestine baik menjadi peserta, sponsor, maupun dukungan lainnya.

Fokus utama kegiatan ini, lanjut Prof. Noor, pada nilai-nilai kemanusiaan serta dukungan kepada saudara-saudara di Palestina yang membutuhkan bantuan.

"Program ini mencakup acara Fun Run sebagai kegiatan utama dengan target 1000 peserta, di mana peserta nantinya akan berlari atau berjalan bersama dalam semangat persatuan dan solidaritas untuk rakyat Palestina," lanjutnya.

Danone Indonesia baru-baru ini sudah menyalurkan bantuan kemanusaian melalui Baznas RI sebasar Rp 500 juta untuk warga Palestina. Danone Indonesia juga sempat menyerahkan bantuan langsung kepada kedutaan besar Palestina di Indonesia sebesar Rp 630 juta yang diterima langsung oleh wakil Duta Besar Palestina, Ahmed Metani. Dalam beberapa sumbangan yang diberikan Danone Indonesia untuk warga Palestina selalu melibatkan seluruh karyawan Danone Indonesia dan AQUA.

Selain itu, Danone Indonesia juga memberikan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina sebesar Rp 2 miliar melalui Lazis Muhammadiyah (LazisMU) dan Lazis Nahdlatul Ulama (LazisNU).

KEYWORD :

Aqua Run for Palestine Baznas MUI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :