Rabu, 24/04/2024 12:50 WIB

QODIR Band Rilis Single ke-5 Aku Butuh Dia

Keseriusan QODIR Band dalam berkarya ditunjukkan dengan merilis single ke 5 yang diberi judul ‘Aku Butuh Dia’.

QODIR Band single Aku Butuh Dia dari Album Serubu Bulan. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- QODIR Band semakin menancapkan kukunya di industri musik rock tanah air. Kehadirannya turut memberi warna pada skena musik rock anak muda yang makin jarang memainkan musik rock yang masuk di industri. QODIR seperti oase bagi mereka yang menyukai musik rock alternatif, lebih spesifik aliran grunge yang menjadi pilihannya.

Keseriusan QODIR dalam berkarya ditunjukkan dengan merilis single ke 5 yang diberi judul ‘Aku Butuh Dia’. Lagu ini diambil dari kantung album ‘Seribu Bulan’ yang berisikan 9 lagu.

“Lagu ‘Aku Butuh Dia’ saya pribadi yang menulis pada tahun 2014. Waktu saya nulis liriknya saat saya sedang resah dan membutuhkan sesuatu untuk dilampiaskan. Maka jadilah liriknya. Jadi waktu buat reffnya langsung spontan teriak “Mama, Papa” aja hahahaha,” kata Dul Jaelani leader di QODIR Band.

“Karena bikin liriknya spontan jadi cepet,  paling pas take vokal aja ada beberapa bagian yang dimatengin lagi bareng-bareng di studio rekaman. Biar liriknya makin pas sama lagunya. Alhamdulillah ga ada kesulitan pas rekaman vokal saya. Karena saya suka teriak-teriak ngamuk sambil ngeband jadi lancar-lancar aja pas take vokalnya,” lanjutnya.

Seperti biasa QODIR Band menyajikan lagu-lagu dengan lirik yang sangat terinspirasii dar ideologi spoken word. Mengambil ide dari seni pertunjukan dimana seseorang menuangkan pemikirannya terhadap suatu hal seperti politik, religi, edukasi, sosial, cinta, dan lainnya di lagu ini. QODIR membahas soal keresahan di dunia cinta tapi dengan kata-kata yang manis seperti  kata “Dia”nya itu rahasia.

“Biar orang-orang atau pendengar yang menerka-nerka unsur misterius dari lirik lagunya. Spokenword yang terkenal dengan perenungan mendalam itu juga sebenernya kami sampaikan secara tersirat di video musik  ‘Aku Butuh Dia’. Kalau ditanya tentang pesan dari lagu ini, gak ada yang spesifik sih. Cuma saya ingin menggarisbawahi tentang musik QODIR ini. Kami ingin mensyiarkan musik rock yang energik, semangat dan penuh semangat di kalangan Gen Z. Ditengah gempuran musik-musik cengeng di kalangan Gen Z ini. Itu salah satu misi utama kami. Semoga aja diterima sebagai pilihan musik mereka disamping  musik-musik yang sudah ada yaa ,” jelas Dul, vokalis merangkap bassist juga.

Dari sisi proses rekaman sampai mastering dan mixing lagu ‘Aku Butuh Dia’ lumayan membutuhkan waktu yang lama dibandingkan proses lagu-lagu lain.

“Waktu kita garap lagu ini cukup lama sih prosesnya, karena banyak yg kita pikirin gimana cara menjadikan musik rock yg garang tapi gak gitu-gitu aja. Akhirnya kita coba eksperimen untuk menambah ornamen lain selain distorsi seperti suara-suara synthesizer dan sound-sound gitar yang gak pada umumnya. Juga tambahan brass section dan biola. biar lagu rock ini bukan lagu rock biasa. Jadi orang yang denger serasa lagi dibawa jalan-jalan,” kata Muhammad Xaviar yang menempati posisi sebagai gitaris.

KEYWORD :

QODIR Band Aku Butuh Dia Seribu Bulan Dul Jaelani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :