Jum'at, 17/05/2024 10:42 WIB

Rekan Indonesia Soroti Tendensi Ketidaknetralan Pemerintah pada Pemilu 2024

Situasi ini akan membuat demokrasi di Indonesia mengalami kebangkrutan jika tidak bisa dihambat.

Bedah buku Kejahatan Politik Pemilu 2024. Foto: dok. jurnas

JAKARTA, Jurnas.com – Rekan Indonesia, sebuah organisasi yang bergerak di bidang kerelawanan Kesehatan mentoroti kontestasi demokrasi saat ini yang dinilainya sangat bertendensi ketidaknetralan pemerintah yang semakin menguat. Sehinggu Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang menimbulkan pertanyaan besar, akankah berlangsung jujur dan adil?

Bisa dibayangkan jika Pemilu 2024 marak kecurangan, mengingat kuatnya potensi pemerintah mengintervensi jalannya pemungutan suara demi kemenangan salah satu paslon.

Situasi ini akan membuat demokrasi di Indonesia mengalami kebangkrutan jika tidak bisa dihambat.

"Pemilu 2024 menjadi momentum panggilan sejarah bersama untuk mengembalikan kewarasan bernegara dengan menghadang kekuatan politik yang cenderung otoriter dan menghidupkan praktik KKN," ujar Agung Nugroho, ketua nasional Rekan Indonesia dalam Jumat, (26/1/2024).

Terkait kondisi demokrasi saat ini, Agung mengatakan, Rekan Indonesia akan membedah buku "Kejahatan Politik Pemilu 2024” yang digelar Sabtu (27/1/2024).

Menurut Agung kegiatan bedah  buku tersebut sebagai bagian peran serta aktif Rekan Indonesia untuk  memberikan kesadaran akan pentingnya pemilu berjalan jujur dan adil.

"Kesadaran itu diharapkan bisa menjadi gerakan bersama yang tumbuh di tengah rakyat untuk memastikan pemilu 2024 berjalan jujur dan adil," ucap Agung.

Diskusi bedah buku ini akan menghadirkan tiga pembicara yang selama ini banyak mengamati jalannya pemilu di Indonesia, sehingga apa yang disampaikan akan bersifat obyektif. Ketiga pembicara tersebut adalah AK Cusmin dari Kaukus 89-90, Ivan Panusunan dari Perhimpunan Aktivis 98, Standarkia Latief dari Kaukus 89-90, dan dimoderatori oleh Agung Nugroho sendiri.

"Diskusi ini akan menarik dan penuh dengan penambahan pengetahuan. sehingga peserta akan mendapatkan pendidikan demokrasi secara langsung dari pembicara yang merupakan pelaku sejarah dalam penegakan demokrasi di Indonesia," papar Agung.

KEYWORD :

Rekan Indonesia Pemilu 2024 Demokrasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :