Sabtu, 27/07/2024 08:08 WIB

Tentara Israel Paksa Warga Zeitoun Tinggal di `Koridor Kematian`

Tentara Israel Paksa Warga Zeitoun Tinggal di `Koridor Kematian` 

Zahwa al-Samouni menunjukkan foto ayahnya Faraj yang diculik tentara Israel pada 16 November 2023. (FOTO: AL JAZEERA)

JAKARTA - Kisah Pilu Keluarga Petani, Diusir dari Zeitoun dan Tinggal di Koridor Kematian Tentara Israel.

Sudah dua minggu berlalu, dan warga al-Samouni masih belum tahu apa yang terjadi pada putra dan saudara laki-laki mereka. Mereka kaget.

Ke-36 perempuan dan anak-anak, yang berdesakan di satu tenda pengungsi di halaman Rumah Sakit Syuhada Al-Aqsa, mempunyai empat selimut untuk dibagikan satu sama lain.

Mereka dulu tinggal di Zeitoun, di tenggara Kota Gaza, tempat mereka bertani di lahan seluas 69 dunam (17 hektar) dengan damai, kata mereka.

Namun sejak hari pertama serangan Israel di Gaza, 7 Oktober 2023, mereka terpaksa mengungsi ke selatan, dan memutuskan untuk mengambil apa yang dikatakan tentara Israel sebagai “koridor aman”: Salah al-Din, jalan utama yang membentang dari utara-selatan. di Jalur Gaza. Tapi koridor itu ternyata tidak begitu aman.

Zahwa al-Samouni (56), hampir tidak dapat berbicara ketika dia menceritakan bagaimana tentara Israel membawa pergi ketiga putranya.

Keluarga tersebut sedang berjalan di jalan, berusaha untuk tidak terpaku pada mayat warga Palestina yang tergeletak di tanah, ketika mereka mencapai sebuah pos pemeriksaan Israel yang baru didirikan.

Sebelum keluarga tersebut bisa melewati pintu putar, tentara memerintahkan Abdullah al-Samouni (24), untuk melangkah ke pinggir jalan, di parit yang tersembunyi dari pandangan.

Adik laki-lakinya, Hamam (16), mulai memanggil Abdullah, tampak putus asa. Para prajurit memerintahkan Hamam untuk bergabung dengan saudaranya.

Kakak laki-lakinya yang tertua, Faraj, seorang petani dan ayah dari enam anak, meneriaki para tentara tersebut, menanyakan ke mana mereka akan membawa Abdullah dan Hamam. Protesnya mengakibatkan tentara memerintahkan dia untuk bergabung dengan saudara-saudaranya.

Anggota keluarga yang lain, tertegun, berjalan melewati pintu putar.

“Ketika kami melewati pos pemeriksaan, saya melihat dua pria ditelanjangi hingga hanya mengenakan pakaian dalam di parit dengan nomor tertera di bahu mereka,” kata Zahwa. “Ada laki-laki lain, dan saya bisa melihat anak saya, Faraj.”

Istri saudara perempuannya, Zeenat, yang merupakan ibu Abdullah dan Hamam, mengatakan dia memberi tahu Palang Merah tentang nama saudara laki-lakinya, nomor ID dan nomor ponselnya.

“Setiap hari yang berlalu bagaikan satu tahun bagi kami,” katanya.

“Saya duduk di pintu masuk tenda sambil berharap ada yang mengetahui kabar mereka. Saya hanya ingin tahu apa yang terjadi pada mereka, apakah mereka baik-baik saja, apakah mereka masih hidup.”

Ibu tujuh anak ini telah mengambil apa yang disebut sebagai koridor aman tiga hari sebelum putra dan anak tirinya. Dia pernah tinggal di rumah seorang kerabat, kemudian mencoba tinggal di tempat penampungan sekolah, namun pemboman menjadi terlalu hebat.

“Kami takut, tapi kami memutuskan untuk mengambil risiko karena kami mengenal orang lain yang berhasil mencapai selatan,” kata pria berusia 49 tahun itu.

“Kami berjalan melewati tanah kami, dan kami melihat begitu banyak tank Israel di sana dan semua rumah kami hancur.”

Zeenat dan keluarganya mengibarkan bendera putih dan tanda pengenal mereka di depan para penembak jitu Israel.

“Kami berjalan dengan hati yang hendak melompat ketakutan, mulai dari jam sembilan pagi,” ujarnya. “Saat kami akhirnya sampai di Deir el-Balah, matahari sudah terbenam.”

Dia mengatakan dia telah melihat anak-anak yang anggota tubuhnya robek di antara mayat-mayat di jalan.

Zahwa mengatakan bahwa ketika dia melakukan perjalanan yang sama tiga hari kemudian, tentara Israel memberi tahu mereka siapa pun yang berhenti bergerak atau menoleh ke belakang akan ditembak.

“Mereka mencemooh kami saat kami melewati pos pemeriksaan,” kata Zahwa.

“Mereka memaki kami dalam bahasa Arab, menggunakan kata-kata yang paling kotor, dan mengutuk nabi kami Muhammad dan Tuhan. Mereka menyebut kami pendukung Hamas, dan berjanji akan menghabisi kami jika kami bergerak ke selatan.”

Dia mencengkeram wajahnya, air mata mengalir di pipinya.

Cucu perempuannya, Zahwa yang berusia 10 tahun, mengenang kejadian hari itu.

“Kami sedang berjalan, orangtua saya dan dua saudara laki-laki dan tiga saudara perempuan saya, dan ketika kami sampai di pos pemeriksaan, tentara Israel membawa ayah dan paman saya,” katanya, berbicara dengan kejelasan melebihi usianya.

“Ayah saya [Faraj] memegang tangan saya, dan Israel mengambilnya dari saya,” katanya, rasa sakit terlihat di wajahnya. “Tentara juga mengambil tas yang berisi pakaian kami. Cuma baju, bukan bom atau senjata,” ejeknya.

Zahwa yang lebih muda mengatakan tentara Israel menembak seorang pria di depan mereka dan tidak melakukan apa pun hingga dia mati kehabisan darah.

“Pria itu memiliki ketidakmampuan belajar,” katanya. “Dia sedang berjalan dalam barisan dan melihat ke belakang. Para prajurit menyuruhnya untuk melihat lurus ke depan, dan ketika dia menoleh, mereka menembak perutnya.”

“Ini bukan koridor yang aman, ini koridor kematian. Itu adalah koridor ketakutan,” tambahnya.

“Mereka membunuh orang, memukuli orang, dan memaksa orang menanggalkan pakaiannya.”

Pilar dalam keluarga

Kengerian yang dialami klan al-Samouni merupakan yang terbaru dari serangkaian trauma yang dimulai pada serangan Israel tahun 2008-2009 ketika tentara membunuh 48 anggota keluarga mereka dalam Operasi Cast Lead.

Tentara telah mengumpulkan beberapa keluarga di bawah satu atap dan menembakkan rudal ke rumah tersebut, menewaskan puluhan orang.

Beberapa orang berhasil keluar sambil mengibarkan bendera putih, namun ketika Palang Merah diberikan izin untuk memasuki gedung tiga hari kemudian, mereka melihat pemandangan mengerikan dari 13 orang yang terluka, termasuk delapan anak-anak, yang menghabiskan berhari-hari tanpa makanan atau air , dikelilingi jenazah orangtua dan kerabatnya.

Salah satu yang tewas adalah suami Zahwa, Attiya. Putri mereka, Amal, yang merupakan saudara kembar Abdullah, baru berusia delapan tahun saat itu namun mengingat semuanya dengan jelas.

“Pada hari yang dingin di bulan Januari itu, 100 tentara Israel menggerebek rumah kami dan membunuh ayah saya di depan kami,” kata pria berusia 24 tahun itu. “Mereka mula-mula melemparkan granat ke pintu masuk rumah, membuat kami diselimuti asap.”

Para prajurit berteriak dalam bahasa Ibrani agar pemilik rumah maju. Attiya, yang pernah bekerja sebelumnya di Israel, mengangkat tangannya dan memperkenalkan dirinya.

“Mereka menembaknya di bagian antara mata, lalu di bagian dada,” kata Amal. “Kemudian mereka terus menembak, memenuhi tubuhnya dengan peluru.”

Sebelumnya, ketika tank-tank mengepung rumah mereka, Attiya telah mengajari anak-anaknya untuk mengatakan dalam bahasa Ibrani “Kami adalah anak-anak”, namun tidak ada bedanya.

“Setelah mereka menembak ayah saya, mereka mulai menembaki kami,” kata Amal. “Abdullah dan saya sama-sama terluka. Mereka menyalakan api di salah satu kamar tidur, dan kami tercekik karena asapnya.”

Hamam baru berusia satu tahun saat itu. Saudara laki-laki mereka, Ahmad, yang saat itu berusia empat tahun, ditembak dua kali di kepala dan dada dan dibiarkan mati kehabisan darah hingga fajar keesokan harinya, karena tentara Israel mencegah ambulans mencapai daerah tersebut.

Ahmad meninggal di pelukan ibunya Zahwa. Dia telah kehilangan suaminya, putranya, dan rumahnya dan dalam 15 tahun sejak hari yang menentukan itu, keluarganya harus bekerja dua kali lebih keras untuk membangun kembali kehidupan mereka.

Faraj adalah pusat dari semuanya. Dia segera mengambil peran sebagai kepala rumah tanpa keluhan dan membantu membesarkan adik-adiknya. Dia adalah seorang petani, dan sangat berguna. Dia membangun rumahnya dengan tangannya sendiri dan, meskipun latar belakangnya sederhana, menolak amal apa pun.

“Dia adalah pilar yang kami semua andalkan,” kata ibunya, Zahwa. “Dia sangat perhatian, dan dengan adanya dia, kami tidak perlu meminta apa pun.”

Putrinya Zahwa tidak bisa tidur di malam hari, bertanya-tanya apakah ayahnya sudah meninggal atau masih hidup.

"Aku ingin dia kembali," isaknya. “Dia adalah batu karangku; tanpa dia aku bukan apa-apa. Aku rindu memegang tangannya, aku rindu memberinya pelukan.” (*)

 

KEYWORD :

Israel Teroris Zeitoun Israel Gaza koridor kematian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :