Jum'at, 03/05/2024 02:51 WIB

KPK Sita 3 Mobil Terkait Kasus Suap Proyek Jalan di Kaltim

Tiga mobil itu diamankan penyidik saat menggeledah kantor dan rumah pihak yang terkait kasus dugaan suap proyek jalan di wilayah Kalimatan Timur

Ilustrasi Penyidik KPK

Jakarta, Jurnas.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor dan rumah pihak yang terkait kasus dugaan suap proyek pengadaan jalan di wilayah Kalimatan Timur (Kaltim) pada Kamis, 30 November 2023.

Dari penggeledahan tersebut, penyidik mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga terkait dengan perkara ini. Di antaranya, tiga unit mobil, satu motor, dokumen dan alat elektronik.

"Berikut ditemukan dan diamankan bukti berupa dokumen dan alat elektronik. Selain itu turut pula disita 4 unit kendaraan berupa 2 Toyota Fortuner, 1 Toyota Hilux dan Motor Yamaha X Max," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat, 1 Desember 2023.

Selanjutnya, kata Ali, barang bukti tersebut akan disita untuk dianalisis dalam rangka melengkapi berkas perkara penyidikan kasus rasuah ini.

"Penyitaan dan analisis kembali segera dilakukan untuk kelengkapan isi berkas perkara penyidikan," kata Ali.

Sebelumnya, penyidik KPK juga telah menggeledah beberapa lokasi pada Selasa, November dan Rabu, 29 November 2023. Lokasi yang digeledah penyidik ialah Kantor Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) PUPR Kaltim, Kantor Satker PJN Wilayah 1 Kaltim, dan dua rumah dari para pihak terkait.

Dari lokasi tersebut, menemukan dan mengamankan barang bukti dokumen, uang tunai, hingga bukti elektronik yang berkaitan dengan perkara ini. Ali tidak merinci mengenai dokumen hingga jumlah uang yang diamankan penyidik KPK.

KPK diketahui telah menetapkan Kepala Satuan Kerja Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur (Kaltim) tipe B, Rahmat Fadjar sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek pengadaan jalan di wilayah Kaltim.

Selain Rahmat, KPK juga menetapkan empat tersangka lainnya. Keempatnya yakni, Riado Sinaga selaku Pejabat Pembuat Keputusan (PPK) pada Pelaksana Jalan Nasional Wilayah 1 Kaltim, Abdul Nanang Ramis selaku pemilik PT Fajar Pasir Lestari, Hendra Sugiarto selaku staf PT Fajar Pasir Lestari dan Nono Mulyatno selaku Direktur CV Bajasari.

Penetapan tersangka mereka buntut dari operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar tim penindakan KPK di Provinsi Kaltim, pada Kamis, 22 November 2023.

Tersangka Rahmat dan Riado diduga menerima uang suap sebesar Rp1,4 miliar dari Nanang, Hendra dan Nono. Uang tersebut diberikan agar perusahaan Nanang, Hendra dan Nono mendapatkan proyek pengadaan jalan nasional wilayah I di Provinsi Kaltim.

Proyek dimaksud ialah peningkatan jalan simpang batu - laburan dengan nilai Rp49,7 Miliar dan preservasi jalan kerang-lolo-kuaro dengan nilai Rp1,1 Miliar.

Atas perbuatannya, Nono, Nanang dan Hendri
disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Sedangkan Rahmat dan Riado disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

KEYWORD :

KPK Suap Proyek Jalan Kalimantan Timur BBPJN PUPR Kaltim Korupsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :