Selasa, 05/03/2024 03:32 WIB

Cegah Pemanasan Global, UIII Gelar Penanaman 600 Pohon

Ada sekitar 600 pohon yang ditanam dengan jenis-jenis yang beragam, seperti pohon pule, pohon trembesi, pohon sawo kecil, dan bungur.

Penanaman pohon di Kampus UIII, Depok (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) melakukan kegiatan penanaman 600 pohon di lingkungan kampus, pada Rabu (29/11). Kegiatan yang menggandeng Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK) itu bertujuan mengantisipasi pemanasan global dan mengatasi polusi sekitar Jabodetabek.

Direktur Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK Ridho Sani mengatakan, penanaman pohon dilakukan di lingkungan kampus UIII karena komitmen UIII yang kuat dalam menjadi kampus hijau.

Ridho menyebut ada sekitar 600 pohon yang ditanam dengan jenis-jenis yang beragam, seperti pohon pule, pohon trembesi, pohon sawo kecil, dan bungur.

"Jadi kurang lebih ada sekitar 600 pohon yang kita tanam, saya ingin menjadikan pohon-pohon ini sebagai UIII kampus hijau," kata Ridho dalam keterangan pers.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial UIII, Dr. Philips J. Vermonte, mengungkapkan rasa syukur atas bantuan dari Gakkum KLHK karena sudah membantu UIII untuk menjalankan mandatnya sebagai kampus hijau.

Dia mengatakan bahwa kampus UIII merupakan kampus percontohan ruang terbuka hijau, yang akan diisi oleh mahasiswa dari seluruh dunia, dan saat ini sudah datang lebih dari 50 negara, sehingga penanaman pohon ini akan menjadi pembelajaran mahasiswa UIII dan warga kota Depok.

"Jadi sejak awal didirikan kampus ini 142ha memang akan dijadikan sebagai reservoa air dan juga kampus percontohan ruang terbuka hijau, apalagi kita ada mahasiswa mahasiswa asing yang sekarang mereka datang dari banyak negara ya, 65 negara," terang Philips.

"Mudah-mudahan ini dapat menajdi pembelajaran bagi mahasiswa kami dan mungkin warga kota depok, dan mungkin daerah depok ini bisa menjadi daerah internasional, karena mahasiswa ini kan perlahan-lahan pasti akan berbaur," imbuh dia.

Dalam kesempatan lain, Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa penanaman pohon ini dilakukan untuk mengantisipasi pemanasan global yang sudah dirasakan bersama dan nyata, yang juga dilakukan dalam rangka mengatasi polusi yang ada di Jabodetabek.

"Sekali lagi saya mau mengucapkan terima kasih atas kegiatan pagi hari ini penanaman pohon, yang saya liat pohon pohon ini sudah besar-besar, ada pohon pule, pohon trembesi, pohon sawo kecil, bungur, saya kira semua jenis tanaman sudah di tanam bersama-sama. Sekali lagi terima kasih, atas kegiatan kali ini," kata presiden dalam siaran pers.

Dalam satu tahun terakhir, UIII sudah melaksanakan tiga kegiatan penanaman pohon di lingkungan kampus. Ke depan, sebanyak 70 persen lahan di lingkungan UIII akan menjadi kawasan hijau yang dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika dan juga warga sekitar.

KEYWORD :

Universitas Islam Internasional Indonesia Kampus UIII Penanaman Pohon




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :