Minggu, 28/04/2024 05:57 WIB

SEALS 2017 Ajang Sinergi Pemuda ASEAN Membangun Bangsa

SEALS 2017 dirancang menjadi media pelatihan dalam mempersiapkan generasi muda yang berkualitas melalui demokrasi dan pendidikan.

Asisten Deputi PEningkatan IMTAK dan IPTEK Pemuda Kemenpora, Esa Sukmawijaya di sela-sela acara Southeast Asia Leaders Summit (SEALS) 2017 di Jakarta, Rabu (12/4).

Jakarta-Kemenpora menapresiasi digelarnya even tahunan Southeast Asia Leaders Summit (SEALS) 2017 di Jakarta, 11-15 April. Ajang yang digagas oleh the Institute of Democracy and Education (IDE) ini dapat mempertemukan "pemuda terpilih" dari seluruh Indonesia dan ASEAN untuk bersatu, berkolaborasi, bersinergi bersama untuk membangun bangsa dan negara serta dalam konteks regional.

“Hal ini selaras dengan amanat UU Kepemudaan terutama terkait penyadaran pemuda terhadap lingkungan strategis global seperti tantangan dalam mengisi peluang-peluang dalam perspektif/komitmen Komunitas ASEAN (ASEAN Community),” ujar Asisten Deputi PEningkatan IMTAK dan IPTEK Pemuda Kemenpora, Esa Sukmawijaya di Jakarta, Rabu (12/4).

Institute of Democracy and Education (IDE), komunitas pemuda Indonesia yang dipimpin Gugun Gumilar, fokus pada isu-isu strategis baik nasional maupun global. Untuk itu Kemenpora juga menyampaikan apresiasi terhadap kiprah para pemuda yang gigih dalam menyelenggarakan kegiatan berkelanjutan yang kini sudah memasuki tahun ketiga ini. “Secara praktis, melalui kegiatan ini, para pemuda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Kemenpora, rumah pemuda Indonesia, arena untuk memperluas wawasan dan jaringan,” tambah Esa.

Sebelumnya, Co-Founder IDE Muchlis Faroqi Furqon menjelaskan, SEALS 2017 dirancang menjadi media pelatihan dalam mempersiapkan generasi muda yang berkualitas melalui demokrasi dan pendidikan. Melalui keikutsertaan SEALS 2017, peserta tidak hanya dibekali pengetahuan bagaimana menjadi generasi muda yang berkualitas melalui demokrasi dan pendidikan. Tetapi juga diberikan pemahaman dalam membuat suatu konsep proyek sosial, diberikan motivasi, tips dan trik untuk mengikuti program-program internasional.

Mereka diajak pula untuk turun langsung dalam melakukan service project di masyarakat.  Ajang tersebut cocok dikategorikan sebagai media komunikasi untuk memperluas jejaring di antara para calon pemimpin muda Indonesia.

Ajang ini juga diikuti puluhan pemuda ASEAN, Eropa, dan Afrika untuk melakukan diskusi, dialog, sharing pengalaman, pelatihan kepemimpinan, dan service project pada komunitas lokal untuk menciptakan interaksi secara langsung antar peserta dan komunitas lokal, nasional dan Internasional demi mempersiapkan pemimpin Indonesia yang berkualitas. Acara tersebut juga dihadiri sejumlah tokoh nasional dan internasional sebagai pengisi materi. Seperti pimpinan DPR, MPR, DPD, aktor papan atas Indonesia, Miss Indonesia, Puteri Indonesia, Puteri Muslimah Indonesia, hingga Miss Eropa.

KEYWORD :

SEAL 2017 Pemuda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :