Jum'at, 17/05/2024 17:59 WIB

DPR Apresiasi Langkah Pemerintah Minta Dukungan Negara Lain untuk Kemerdekaan Palestina

Tapi kita jangan puas di situ, karena dampaknya tadi belum terasa di lapangan. Kenapa ini penting? Karena masyarakat kita ingin melihat hasil dan dampak yang konkret dan mudah-mudahan itu bisa terlaksana dalam beberapa waktu ke depan.

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Demokrat, Rizki Natakusumah. (Foto: Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Kalangan dewan mengapresiasi langkah pemerintah Indonesia menyuarakan dan menggalang dukungan dari negara lain untuk kemerdekaan Palestina.

Anggota Komisi I DPR RI, Rizki Natakusumah mengatakan, pihaknya juga mengapresiasi apa yang sudah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

"Tapi kita jangan puas di situ, karena dampaknya tadi belum terasa di lapangan. Kenapa ini penting? Karena masyarakat kita ingin melihat hasil dan dampak yang konkret dan mudah-mudahan itu bisa terlaksana dalam beberapa waktu ke depan," kata Rizki, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (28/11).

Dia menjelaskan, pemerintah Indonesia juga perlu terus menyuarakan masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza yang selama ini dihambat oleh Israel. Kemudian pemerintah perlu menggalang dukungan yang lebih intensif agar ada gencatan senjata yang lebih permanen.

“Jangan sampai ada bias fokus dari negara-negara internasional, sahabat-sahabat kita yang bisa mengubah arah kebijakan yang saat ini di mana gelombang internasional sedang ke arah positif. Nah ini yang perlu disuarakan dan perlu diperjuangkan oleh Indonesia sebagai negara yang punya komitmen jelas dalam kemerdekaan Palestina,” jelas Rizki.

Oleh karena itu, menurut dia, pemerintah harus punya power dan eksistensi yang kuat agar bisa memastikan negara-negara di forum internasional dapat mendengar seruan Indonesia.

“Sehingga Indonesia perlu memiliki langkah yang konkret atau kebijakan luar negeri yang mempunyai dampak yang riil,” demikian Rizki.

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi I Rizki Natakusumah Jokowi Kemerdekaan Palestina Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :