Jum'at, 17/05/2024 19:13 WIB

Bahas Kebijakan Kebahasaan, Badan Bahasa Gelar KBI XII

Bahas Kebijakan Kebahasaan, Badan Bahasa Gelar KBI XII

Kepala Badan Bahasa, Aminudin Aziz membuka KBI XII (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menggelar Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII pada Rabu (25/10) hingga Sabtu (28/10).

Kepala Badan Bahasa, Aminudin Aziz mengatakan, dalam kegiatan ini semua unsur pemangku kepentingan untuk bertukar pikiran tentang informasi terkini seputar penanganan bahasa, khususnya bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Dia berharap KBI XII dapat menghasilkan putusan-putusan sebagai penentu arah kebijakan nasional kebahasaan dan kesastraan yang adaptif dan strategis.

"Selama perjalanannya, KBI telah mewarnai perkembangan bahasa dan sastra Indonesia. Berbagai kebijakan yang berdampak pada berkembangnya peraturan perundang-undangan, pedoman dan acuan, program dan kegiatan, hingga produk dan layanan kebahasaan dan kesastraan telah dilahirkan melalui kongres ini," kata Aminudin.

Penyelenggaraan KBI XII, lanjut Aminudin, juga sebagai tindak lanjut atas rekomendasi pada KBI XI tahun 2018 sekaligus menjaga momentum penyelenggaraan KBI sebagai forum untuk mengevaluasi dan merancang kebijakan pengembangan dan pembinaan bahasa di Indonesia.

KBI XII mengusung tema `Literasi dalam Kebinekaan untuk Kemajuan Bangsa` yang selaras dengan tiga program prioritas Badan Bahasa, yaitu revitalisasi bahasa dan sastra daerah, literasi bahasa dan sastra Indonesia, serta internasionalisasi bahasa Indonesia.

Tema dan subtema KBI XII bersama topiknya masing-masing dibahas secara komprehensif oleh para pembicara utama, pemakalah, dan peserta dari beragam kalangan dalam berbagai aktivitas berkongres yang dilaksanakan secara luring dan daring.

Pada acara Pameran Kebahasaan dan Kesastraan, ditampilkan produk dan layanan yang dibuat oleh satuan kerja di lingkungan Badan Bahasa, baik di pusat maupun Unit Pelaksana Teknis yang tersebar di 30 provinsi. Selain itu, dihadirkan pula produk buatan para penerbit, taman bacaan masyarakat, dan Dharma Wanita Persatuan.

"Pameran ini menyajikan berbagai informasi tentang produk yang terkait dengan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan sastra dan bahasa indonesia maupun daerah," imbuh Aminudin.

KEYWORD :

Kongres Bahasa Indonesia Kemdikbudristek KBI XII Aminudin Aziz




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :