Sabtu, 18/05/2024 23:12 WIB

Prabowo Resmi Umumkan Gibran Rakabuming Jadi Cawapres

Nama Gibran diumumkan usai pertemuan para ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo di Kartanegera, Minggu (22/10) malam ini.

Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto ajari Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka Berkuda

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto resmi mengumumkan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal calon wakil presidennya.

Nama Gibran diumumkan usai pertemuan para ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo di Kartanegera, Minggu (22/10) malam ini.

"Baru saja Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari delapan partai politik, yang dihadiri lengkap oleh ketum masing-masing dan sekjen masing-masing kita telah berembug secara final, secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden," ujar Prabowo dalam jumpa pers.

"Saya kira itu. Pengumuman yang ditunggu, ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum dan pada tanggal 25, Rabu kita akan daftar di KPU," ujarnya menambahkan.

Adapun hadir dalam pertemuan itu di antaranya,  Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Mereka didampingi para sekretaris jenderal dan pengurus teras masing-masing partai. Sementara, Gibran sendiri tak hadir dalam pertemuan tersebut.

Namun, Gibran dalam dua hari terakhir usai tiba di Jakarta, telah menyambangi para ketua umum KIM. Namanya secara resmi telah diusulkan Partai Golkar sebagai cawapres pendamping Prabowo.

Keputusan Golkar mengusulkan Gibran merupakan hasil Rapimnas partai tersebut pada Sabtu (21/10). Mereka batal mengusulkan Airlangga sebagai cawapres.

Gibran kemudian menerima putusan rapimnas Golkar secara langsung. Ia juga menyatakan akan segera menindaklanjuti putusan tersebut dengan Prabowo.

Prabowo mengaku sudah berkomunikasi dengan Jokowi terkait rencana meminang Gibran sebagai cawapres. Menurut Prabowo, Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada Gibran terkait tawaran cawapres ini.

"Dan beliau (Jokowi) bilang terserah Pak Wali (Gibran), kan sudah dewasa. Kalau Pak Wali bersedia ya beliau pasti tidak menahan (diri), kira-kira begitu," kata Prabowo.

KEYWORD :

Prabowo Subianto Pilpres 2024 Partai Gerindra Gibran Rakabuming Cawapres




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :