Jum'at, 17/05/2024 12:26 WIB

DPR Gelar Rapat Bersama Kemendagri dan KPU Bahas Pendaftaran Peserta Pilpres

Insya Allah Rabu sore jam 15.30 WIB akan diselenggarakan rapat konsultasi dengan DPR dan Pemerintah di DPR untuk membahas RPKPU pendaftaran peserta Pilpres.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang menjelaskan pihaknya akan menggelar rapat bersama Kemendagri dan KPU RI sore ini. Rapat tersebut membahas Revisi Peraturan KPU (RPKPU).

"Ya (rapat membahas RPKPU pendaftaran capres dan cawapres) jam 15.30 WIB, menindaklanjuti hasil konsinyering tadi malam sampai jam 00.00 WIB," katanya kepada wartawan, Rabu (20/9).

Hal senada disampaikan Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik. Dia  mengatakan pihaknya akan menyambangi DPR untuk rapat konsultasi tersebut sore ini.

"Insya Allah Rabu sore jam 15.30 WIB akan diselenggarakan rapat konsultasi dengan DPR dan Pemerintah di DPR untuk membahas RPKPU pendaftaran peserta Pilpres," kata Idham dihubungi terpisah.

Idham mengatakan bahwa rapat membahas terkait rencana pendaftaran capres-cawapres. Pendaftaran capres-cawapres dimajukan pada 10-16 Oktober 2023.

"Apa yang diujipublikan oleh KPU pada 4 September 2023 masih belum berubah dimana 10-16 Oktober 2023 adalah rancangan jadwal pendaftaran calon peserta Pilpres," kata dia.

Idham menyebut usai rapat konsultasi, KPU akan melakukan proses legal drafting. Kemudian, dilakukan rapat harmonisasi dan PKPU tersebut baru akan disahkan.

"Pasca rapat konsultasi dengan DPR dan pemerintah selaku pembentuk undang-undang, KPU melanjutkan proses legal drafting dengan mengikuti rapat harmonisasi peraturan perundang-undangan yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM," ucap dia.

"Pascarapat harmonisasi tersebut, rancangan PKPU pendaftaran peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden baru diundangkan," timpal dia.

 

 

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi II Junimart Girsang KPU Kemendagri pendaftaran capres cawapres




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :