Jum'at, 17/05/2024 17:33 WIB

Konser HUT ke-78 RI, Guru Besar dan Alumni UI Baca Puisi

Konser HUT ke-78 RI diisi oleh pembacaan puisi dan monolog dari sejumlah guru besar dan tokoh alumni UI.

Ketua Umum ILUNI UI, Didit Ratam (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Konser perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia di Gedung Vokasi Kampus Universitas Indonesia (UI), pada Sabtu (26/8) kemarin, diisi oleh pembacaan puisi dan monolog dari sejumlah guru besar dan tokoh alumni UI.

Ketua pelaksana Konser Kemerdekaan, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari mengatakan, kegiatan ini terinspirasi dari puisi karya Presiden RI pertama, Ir. Soekarno berjudul `Aku Melihat Indonesia`.

"Puisi ini membuat kita mampu menghargai perjuangan para pahlawan kemerdekaan dan menginspirasi untuk berjuang demi masa depan bangsa lebih baik," kata Guru Besar Fakultas Teknik UI tersebut.

Selain itu, lanjut Prof. Riri, konser ini juga menjadi hadiah bagi HUT ke-78 RI melalui rangkaian harmonisasi puisi, lagu, musik, dan tari yang menginspirasi para penonton untuk membangun persatuan bangsa.

"Melalui konser ini, kami juga ingin menyuarakan Gerakan Indonesia Bersatu sebagai salah satu gerakan nasional revolusi mental melalui puisi, musik, dan tari," sambung dia.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Alumni (Iluni) UI, Didit Ratam menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap inisiasi para guru besar UI dalam menyebarkan semangat cinta negeri melalui puisi dan seni.

Ditambahkan oleh anggota Lembaga Penasihat Iluni UI, Indy Hardono, potensi sebuah karya seni dan sastra dapat menyentuh hati masyarakat dengan pesan indahnya persatuan bangsa.

"Ini adalah suatu gerakan dan inisiasi positif untuk menebarkan semangat cinta tanah air dan persatuan melalui karya. Kami berharap, melalui pagelaran ini tercermin bagaimana seni dan sastra mampu menjadi bahasa universal yang menciptakan kohesi sosial untuk segenap elemen masyarakat," tutup Indy.

KEYWORD :

Konser Kemerdekaan Iluni UI Universitas Indonesia HUT ke-78 RI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :