Jum'at, 17/05/2024 16:10 WIB

Ukraina Kirim Serangan Udara ke Moskow dan Krimea Sekaligus

Ukraina Kirim Serangan Udara ke Moskow dan Krimea Sekaligus

Dua tentara Brigade Infanteri Bermotor Independen Angkatan Darat Ukraina ke-58 yang ingin diidentifikasi sebagai Ghost, 24, dan Soap, 30, melakukan uji coba drone, saat invasi Rusia ke Ukraina berlanjut, dekat Bakhmut, Ukraina, 25 November 2022 (Reuters)

Moskow, Jurnas.com - Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim bahwa Ukraina telah melakukan penyerangan udara sekaligus ke Moskow dan Semenanjung Krimea, pada Jumat (25/8) siang.

Kiev menembakkan satu rudal S-200 ke arah Moskow, namun serangan tersebut berhasil dilumpuhkan oleh pasukan Rusia di wilayah Kaluga yang berbatasan dengan wilayah Moskow. Kaluga berjarak kurang dari 200 km dari Moskow.

"Rudal itu terdeteksi dan dihancurkan oleh pertahanan udara di wilayah Kaluga," kata kementerian dikutip dari Reuters. Tidak ada korban jiwa akibat serangan tersebut.

Selain Moskow, Ukraina juga mengirim total 42 pesawat tanpa awak (drone) ke Krimea, wilayah yang dianeksasi Rusia pada 2014. Sembilan drone dihancurkan oleh pasukan pertahanan udara, sementara 33 drone berhasil dilumpuhkan oleh sinyal elektronik dan jatuh di Krimea tanpa mencapai sasaran.

Mikhail Razvozhayev, Gubernur Sevastopol, mengatakan bahwa sejumlah drone dihancurkan di tanjung Khersones, di pinggiran Sevastopol. Belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan akibat serangan tersebut. Penerbangan di bandara-bandara Rusia juga sempat dihentikan selama beberapa jam.

Serangan tersebut merupakan yang terbaru, dalam serangkaian serangan serupa sejak dua drone dihancurkan di Kremlin pada awal Mei.

Ukraina hampir tidak pernah secara terbuka mengaku bertanggung jawab atas serangan di Rusia atau di wilayah yang dikuasai Rusia di Ukraina, namun dalam beberapa bulan terakhir mengakui bahwa kehancuran infrastruktur militer Rusia membantu serangan balasan Kyiv.

KEYWORD :

Ukraina Rusia Drone Rudal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :