Jum'at, 17/05/2024 18:37 WIB

Jepang Mulai Lepaskan Air Fukushima ke Laut Mulai 24 Agustus

 Pelepasan ini tetap dilakukan meskipun terdapat kekhawatiran di antara negara-negara tetangga, termasuk Tiongkok, dan komunitas nelayan setempat.

Sistem pemompaan dan penyaringan yang ekstensif menghilangkan sebagian besar unsur radioaktif dari air yang disimpan di pembangkit listrik Fukushima. (Foto: AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Jepang mengatakan pihaknya akan mulai melepaskan lebih dari 1 juta metrik ton air radioaktif yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang hancur pada tanggal 24 Agustus. Pelepasan ini tetap dilakukan meskipun terdapat kekhawatiran di antara negara-negara tetangga, termasuk Tiongkok, dan komunitas nelayan setempat.

Rencana tersebut, yang disetujui dua tahun lalu oleh pemerintah Jepang, dipandang penting dalam penghentian pembangkit listrik tenaga nuklir, yang hancur akibat tsunami pada Maret 2011.

Air, yang digunakan untuk menjaga reaktor tetap dingin, telah disimpan di lokasi sejak bencana dan operator pabrik Tokyo Electric Power Co (Tepco) kehabisan ruang untuk menyimpannya.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan pada Selasa bahwa dia telah meminta Tepco untuk "dengan cepat mempersiapkan" pelepasan air dan mengharapkan "pelepasan air akan dimulai pada 24 Agustus, jika kondisi cuaca memungkinkan".

Jepang mengatakan pelepasan air tersebut aman, dan hal ini didukung oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Badan pengawas nuklir PBB menyetujui rencana itu setelah inspeksi pada Juli, mengatakan itu memenuhi standar internasional dan bahwa dampaknya terhadap manusia dan lingkungan "dapat diabaikan".

Namun, beberapa negara tetangga, khususnya Tiongkok, masih menyatakan skeptis terhadap keamanan rencana tersebut. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin mengatakan pada bulan Juli bahwa Jepang telah menunjukkan keegoisan dan arogansi, dan mengklaim belum sepenuhnya berkonsultasi dengan masyarakat internasional tentang pelepasan air tersebut.

Aktivis Korea Selatan juga memprotes rencana tersebut, meskipun Seoul telah menyimpulkan dari penelitiannya sendiri bahwa pelepasan air tersebut memenuhi standar internasional dan mengatakan bahwa pihaknya menghormati penilaian IAEA.

Dikatakan pada hari Selasa bahwa tidak ada masalah ilmiah atau teknis dengan rencana tersebut meskipun itu tidak berarti mereka mendukungnya.

Air tersebut – setara dengan lebih dari 500 kolam renang ukuran Olimpiade – juga termasuk air tanah dan hujan yang meresap ke dalam wadah.

Air tersebut telah diencerkan dan disaring untuk menghilangkan zat radioaktif meskipun masih ada beberapa jejak tritium, sebuah isotop hidrogen yang sulit dipisahkan dari air, menurut Tepco, yang menyatakan bahwa air tersebut akan diencerkan hingga jauh di bawah kadar tritium yang disetujui secara internasional sebelum dilepaskan ke Pasifik.

Air tersebut akan dibuang ke laut, di lepas pantai timur laut Jepang, dengan laju maksimum 500.000 liter (sekitar 110.000 galon) per hari.

Kelompok penekan lingkungan Greenpeace mengatakan proses penyaringan memiliki kelemahan dan sejumlah besar bahan radioaktif akan tersebar ke laut dalam beberapa dekade mendatang.

Namun Pakar Nuklir dari Universitas Adelaide di Australia, Tony Hooker menolak argumen tersebut dan menyebutnya sebagai penyebar rasa takut. "Tritium telah dilepaskan (oleh pembangkit listrik tenaga nuklir) selama beberapa dekade tanpa adanya dampak buruk terhadap lingkungan atau kesehatan," kata Hooker kepada kantor berita AFP.

Larangan makanan laut

China melarang impor makanan laut dari 10 prefektur di Jepang, termasuk Fukushima dan ibu kotanya, Tokyo. Impor makanan laut dari prefektur lain diperbolehkan tetapi harus lulus uji radioaktivitas dan memiliki bukti bahwa makanan tersebut diproduksi di luar 10 prefektur yang dilarang.

Hong Kong, pasar terbesar kedua untuk ekspor makanan laut Jepang setelah China, pada hari Selasa menyebut pelepasan itu "tidak bertanggung jawab" dan mengatakan akan mengaktifkan kontrol impor untuk melindungi keamanan pangan dan kesehatan masyarakat.

Pelepasan tersebut menimbulkan "risiko yang tidak mungkin terhadap keamanan pangan dan polusi yang tidak dapat diperbaiki serta perusakan lingkungan laut," tulis Kepala Eksekutif Hong Kong John Lee di Facebook.

Orang-orang di Korea Selatan juga prihatin, dengan ratusan orang berkumpul di Seoul awal bulan ini untuk menunjukkan penolakan mereka terhadap rencana tersebut.

Itu menjadi perhatian orang-orang di industri perikanan Jepang, di mana bisnis mulai pulih lebih dari satu dekade setelah bencana nuklir.

Pelepasan air tidak ada yang bermanfaat bagi kami," kata nelayan generasi ketiga Haruo Ono, 71, yang saudara laki-lakinya terbunuh pada 2011, kepada AFP di Shinchimachi, 60 kilometer (40 mil) utara pembangkit nuklir.

James Brady dari konsultan risiko Teneo mengatakan bahwa meskipun kekhawatiran keamanan China mungkin tulus, ada bau geopolitik dan persaingan ekonomi sebagai tanggapannya. "Sifat multifaset dari masalah pelepasan air limbah Fukushima membuatnya cukup berguna bagi Beijing untuk berpotensi mengeksploitasi," kata Brady.

Beijing dapat memanfaatkan tingkat tekanan ekonomi pada poros perdagangan, memperburuk perpecahan politik dalam negeri internal pada masalah di Jepang dan bahkan berpotensi memberikan tekanan pada peningkatan hubungan diplomatik antara Seoul dan Tokyo.

Sumber: Al Jazeera/AFP

KEYWORD :

Air Radioaktif Jepang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :