Minggu, 19/05/2024 06:15 WIB

Ratusan PBL Mahasiswa Polibatam Mejeng di Pagelaran Vokasi

Ratusan project based learning (PBL) karya para mahasiswa Politeknik Negeri Batam (Polibatam), unjuk gigi dalam kegiatan Pagelaran Vokasi

Politeknik Negeri Batam (Foto: Muti/Jurnas.com)

Batam, Jurnas.com - Ratusan project based learning (PBL) karya para mahasiswa Politeknik Negeri Batam (Polibatam), unjuk gigi dalam kegiatan Pagelaran Vokasi yang berlangsung pada 9-10 Agustus 2023 lalu.

Bendahara Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik Se-Indonesia (Bakorma), Emin Haris mengatakan bahwa ajang ini digelar guna meningkatkan skill para mahasiswa, sekaligus ajang silaturahmi, dan pertukaran informasi antarkampus.

"Dan juga Bakorma berupaya untuk menginternalisasi lomba-lomba yang ada nantinya. Terima kasih atas sambutan dan dukungannya dari Polibatam telah terselenggara acara ini," kata Haris pada Rabu (9/8) di Kampus Polibatam.

Direktur Polibatam Uuf Brajawidagda dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pagelaran Vokasi berkolaborasi dengan berbagai jurusan, program studi dan acara nasional.

"Semester ini ada 419 proyek pembelajaran dan 137 diantaranya merupakan hasil kolaborasi dengan industri, dan telah terseleksi menjadi ada 120 booth yang ditampilkan di ajang pameran PBL Expo," terang Uuf.

Sementara itu, Deputi 2 Kantor Staf Presiden Republik Indonesia Abetnego Tarigan didampingi mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Dia juga memuji fasilitas yang ada di Kampus Polibatam.

Dia menuturkan bahwa kini vokasi merupakan salah satu solusi dalam pengembangan SDM di Indonesia. Apalagi dengan diterbitkannya Prepres Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi.

"Melalui perpres ini maka Vokasi telah mendapatkan perhatian khusus dari Presiden untuk menghasilkan SDM-SDM yang berkualitas dan siap diterima di dunia industri. Sekali lagi kami mengapresiasi dan mendukung terus kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Politeknik dan Direktorat Pendidikan Vokasi ini," tutup Abet.

Acara pembukaan juga diisi dengan penandatanganan MoU antara Polibatam dengan Politeknik Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah (PSA) Malaysia terkait dengan Tridarma Perguruan Tinggi.

Pagelaran Vokasi merupakan agenda tahunan sebagai wadah para mahasiswa, mitra, dan industri untuk mendistribusikan informasi baik terkait karya, bazar dan hiburan lainnya.

Pagelaran Vokasi ini juga turut didukung oleh PT Kreasi Indonesia Makmur, PT. Matahari LED, PT. Airmas Batam Jaya, PT. Bank Negara Indonesia, PT. Bank Tabungan Negara Syariah, PT. Bank Syariah Indonesia, CV. Spektra Anugrah Abadi, Oma Travel, Khiant Sukses Advertising dan Hang Nadim Bandara Internasional Batam.

KEYWORD :

Pagelaran Vokasi Politeknik Batam Polibatam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :