Jum'at, 17/05/2024 18:06 WIB

Survei Lab Politik UMM: Ganjar Ungguli Prabowo di Jatim

Ganjar Pranowo memimpin dalam survei peta opini publik yang dikeluarkan Laboratorium Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Foto Klose, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. (Jurnas/Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Elektabilitas calon presiden (Capres) PDIP, Ganjar Pranowo memimpin dalam survei peta opini publik yang dikeluarkan Laboratorium Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selama Juli 2023 di Jawa Timur (Jatim). Ganjar unggul dalam simulasi tiga calon.

Namun secara head-to-head, menurut Koordinator Tim Survei Laboratorium Ilmu Politik UMM, Ruli Inayah Ramadhoan, elektabilitas Prabowo Subianto masih unggul 49 persen atas Ganjar sebesar 44 persen.

Apabila disandingkan dengan Anies Baswedan, Prabowo dominan 66,63 persen berbanding 21,13 persen. Sedangkan head-to-head Ganjar versus Anies, Ganjar memimpin 61,3 persen berbanding 24 persen.

"Dalam simulasi tiga calon di Jatim, meski sangat tipis, keunggulan masih milik Ganjar. Berdasarkan survei kami, Ganjar memimpin dengan 42,75 persen, Prabowo menyusul dengan 42,13 persen, dan Anies hanya 10,38 persen. Selain itu masih ada pemilih yang ragu sebesar 2,50 persen," terang Ruli dalam siaran pers pada Rabu (9/8).

Detail hasil survei, lanjut Ruli, akan dipaparkan lebih lanjut pada Kamis (10/8) besok di Ruang Sidang Senat UMM. Acara rilis survei akan menghadirkan Prof. Kacung Marijan, Prof. Siti Zuhro, berkolaborasi dengan peneliti UMM Salahuddin dan Asep Nurjaman.

"Survei dilakukan selama Juli di seluruh desa/kelurahan di Jatim yang dipilih acak. Jumlah responden adalah 800 orang dengan sampling error kurang lebih 3,1 persen," ujar dia.

Dia menambahkan, responden tersebar secara proporsional pada 80 kelurahan dan desa terpilih di 31 kabupaten/kota di Jatim. Proporsi responden laki-laki dan perempuan berimbang 50:50. Juga, proporsi responden yang tinggal di pedesaan dan perkotaan.

KEYWORD :

Ganjar Pranowo Survei Lab Politik UMM Prabowo Subianto Anies Baswedan Capres




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :