Sabtu, 27/04/2024 04:39 WIB

Internasional

Setengah Juta Anak-Anak Nigeria Terancam Mati Kelaparan

Lembaga kemanusian PBB, UNICEF melaporkan hampir setengah juta anak-anak Nigeria kini sedang berjuang melawan kematian. Nigeria merupakan satu dari empat negara yang didera kemiskinan terparah di dunia.

Masyarakat Nigeria yang kelaparan

Jakarta - Lembaga kemanusian PBB, UNICEF melaporkan hampir setengah juta anak-anak Nigeria saat ini sedang berjuang melawan kematian. Kehidupan rakyat Nigeria yang masih berada di bawah garis kemiskinan telah menyebabkan kelaparan dan gizi buruk akut, dengan tingkat kematian sebesar 20%.

Hingga sekarang perkiraan anak-anak yang terkena dampak sekitar 450.000 orang. Sedangkan total sebanyak 14 juta lainnya juga membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Nigeria merupakan satu dari empat negara yang didera kemiskinan terparah di dunia. Selain Nogeria, masih ada Somalia, Yaman, dan Sudan Selatan. Berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah Nigeria, termasuk melobi Nowegia dan Jerman melalui konferensi internasional di Oslo pada Jumat 17 Februari lalu.

Pemberontakan yang dilakukan kelompok radikal Boko Haram juga memperburuk situasi kemiskinan di Nigeria. Pekerja-pekerja di pertanian mulai enggan bertani, karena takut ancaman pembunuhan sewaktu-waktu. Inilah yang menyebabkan pendapatan negara semakin menurun, dan sangat bergantung kepada bantuan yang diberikan oleh negara lain.

“Tahun lalu kami mendapat bantuan sekitar 115 juta dolar, namun hanya 41% dari jumlah itu yang bisa diambil,” kata perwakilan PBB untuk Nigeria, Doune Porter dikutip dari Guardian.

KEYWORD :

Kemiskinan Nigeria PBB UNICEF




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :