Sabtu, 18/05/2024 23:11 WIB

Survei LSN: Prabowo Lebih Dipilih Gen Z jadi Presiden 2024

Prabowo dipandang oleh Gen-Z sebagai sosok pemimpin yang apa adanya, tulus, dan total fokus pada kepentingan nasional.

Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto blusukan ke Pasar Bululawang. (Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Hasil survei Lembaga Survei Nasional menunjukkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul di mata Generasi Z atau Gen-Z, ketimbang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam laporan survei nasional periode Juli 2023, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional Gema Nusantara Bakry, menyebut dalam kelompok umur 17-20 tahun dan 21-24 tahun, responden Gen-Z cenderung menjatuhkan pilihannya pada Prabowo.

Jika pemilihan presiden (pilpres) dilaksanakan saat ini, sebanyak 39,8 persen responden kelompok umur 17-24 tahun mengaku akan memilih Prabowo. Sementara 31,5 persen dari mereka menyatakan dukungannya pada Ganjar, dan hanya 23,4 persen memilih Anies.

"Anak muda Indonesia ternyata termasuk dalam kategori pemilih rasional (rational voters) yang tidak mudah terjebak oleh politik pencitraan," tutur Gema lewat virtual zoom, Rabu (26/7).

Gema juga mengungkapkan, Prabowo dipandang oleh Gen-Z sebagai sosok pemimpin yang apa adanya, tulus, dan total fokus pada kepentingan nasional.

"Mayoritas dari Gen-Z juga mengapresiasi kinerja Prabowo sebagai Menhan," jelas Gema.

Lembaga Survei Nasional merilis hasil survei "Dinamika Peta Dukungan Terhadap Tiga Capres Papan Atas dan Arah Dukungan Basis Massa Jokowi Jelang Pemilu 2024".

Hasil survei tersebut berdasarkan pada pertanyaan yang diajukan terhadap 1420 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak berjenjang (multistage random sampling).

KEYWORD :

Prabowo Subianto Pilpres 2024 Partai Gerindra Calon Presiden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :