Rabu, 29/05/2024 00:28 WIB

Dubes RI Berbusana Adat Lampung Saat Hadiri Penobatan Raja Charles

Desra mengatakan dirinya mengikuti prosesi acara penobatan Raja Charles di Westminster Abbey dan jamuan makan siang oleh Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly.

Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya beserta istri berbusana adat Lampung saat menghadiri penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, London, Inggris, Sabtu (6/5). (Instagram desrapercaya)

Jurnas.com - Duta Besar RI untuk Inggris, Desra Percaya, beserta istri menghadiri penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, London, Inggris. Keduanya menggunakan pakaian adat Lampung.

"Selama dua hari, saya mendapat kesempatan langka sebagai salah satu saksi sejarah mewakili Bapak Presiden @jokowi dalam kegiatan resepsi oleh Raja," kata Desra di akun Instagram miliknya.

Desra mengatakan dirinya mengikuti prosesi acara penobatan Raja Charles di Westminster Abbey dan jamuan makan siang oleh Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly.

Dia mengaku sangat senang mengikuti acara kenegaraan itu dengan para pemimpin monarki dari Eropa dan Jepang, serta para pemimpin negara-negara dan tokoh dunia.

"Rasanya bak mimpi," kata Desra

Tradisi penobatan itu, kata dia, sudah turun temurun sejak seribu tahun lalu. Ia menilai corak modernitas monarki pada acara itu sangat kental, yang terlihat dari durasi prosesi yang dipersingkat dan pembacaan liturgi oleh Perdana Menteri Rishi Sunak, seorang penganut Hindu.

Desra juga mengatakan motif kain "Jung Sarat" pada busana yang dikenakannya melambangkan keagungan. Motif tersebut umumnya dipakai saat acara besar di Lampung dan proses pembuatannya memakan waktu 3,5 bulan karena menggunakan pewarna dari bahan alami.

KEYWORD :

Dubes RI Desra Percaya Ponabatan Raja Charles Kerajaan Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :