Jum'at, 19/04/2024 21:37 WIB

Respons Jokowi Soal Ganjar dan Koster Tolak Timnas Israel

Jokowi meminta agar tidak mencampur adukkan urusan politik dengan olahraga sepak bola.

Presiden Joko Widodo memberikan arahannya pada pembukaan Rapat Kerja Nasional membahas Strategi Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta Program Percepatan Penurunan Stunting tahun 2023, Jakarta, Rabu (25/1).

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons sikap dua gubernur yang sempat menolak kehadiran tim nasional (timnas) Israel bertanding di Indonesia, pada Piala Dunia U-20.

Dua kepala daerah tersebut yakni, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster. Keduanya pun menjadi sorotan publik, setelah FIFA membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Persiden Jokowi menyatakan tidak mempermasalahkan hal tersebut, menurutnya Indonesia merupakan negara demokrasi. Namun, Jokowi meminta agar tidak mencampur adukkan urusan politik dengan olahraga sepak bola.

"Ya ini negara demokrasi. Tapi yang paling penting jangan dicampur adukkan. Saya sudah sampaikan, jangan dicampur adukkan, ada wilayah politik ada wilayah bola," kata Jokowi usai meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, Jawa Barat, Jumat (31/3).

Kepala negara menyatakan, akan bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk mengantisipasi sanksi dari FIFA. Sebab saat ini, Erick Thohir masih melobi FIFA usai pencabutan tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Ya itu nanti setelah saya ketemu pak Erick seperti apa," ucap Jokowi.

Meski demikian, kepala negara belum mengetahui kapan akan berjumpa dengan Erick Thohir. Pertemuan itu akan dilakukan Jokowi setibanya Erick di tanah air.

"Ya belum tahu, udah datang apa belum tadi malam atau tadi pagi, nggak tahu. Kalau sudah datang akan langsung laporkan ke saya," pungkas Jokowi.

KEYWORD :

Presiden Jokowi Piala Dunia U-20 Ganjar Pranowo Wayan Koster




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :