Jum'at, 17/05/2024 19:16 WIB

Presiden Moldova Bongkar Rencana `Jahat` Rusia

Dia melontarkan komentar tersebut setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pekan lalu negaranya telah mengungkap rencana intelijen Rusia untuk penghancuran Moldova.

Presiden Moldova Maia Sandu berbicara selama konferensi tingkat menteri ketiga Platform Dukungan Moldova di Pusat Konferensi Tingkat Menteri di Paris, Prancis, pada 21 November 2022. (Foto: Yoan Valat/Pool via REUTERS)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden MoldovaMaia Sandu menuduh Rusia berencana menggunakan sabotase asing untuk menjatuhkan kepemimpinan negara kecilnya, menghentikannya bergabung dengan Uni Eropa dan menggunakannya dalam perang melawan Ukraina.

Dia melontarkan komentar tersebut setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pekan lalu negaranya telah mengungkap rencana intelijen Rusia untuk penghancuran Moldova, dan beberapa hari kemudian pemerintah negara itu mengundurkan diri.

Sandu, yang negaranya berbatasan dengan Ukraina, berulang kali menyatakan keprihatinan tentang niat Moskow terhadap bekas republik Soviet itu dan tentang kehadiran pasukan Rusia di wilayah Transdniestria yang memisahkan diri.

Dia mengatakan rencana tersebut melibatkan warga Rusia, Montenegro, Belarusia dan Serbia memasuki Moldova untuk mencoba memicu protes dalam upaya untuk "mengubah pemerintah yang sah menjadi pemerintah ilegal yang dikendalikan oleh Federasi Rusia".

"Upaya Kremlin untuk membawa kekerasan ke Moldova tidak akan berhasil. Tujuan utama kami adalah keamanan warga negara dan negara. Tujuan kami adalah perdamaian dan ketertiban umum di negara ini," kata Sandu dalam jumpa pers.

Rusia tahun lalu membantah ingin campur tangan di Moldova setelah pihak berwenang di Transdniestria mengatakan mereka telah menjadi sasaran serangkaian serangan.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby pada hari Senin mengatakan laporan tentang plot tersebut belum dikonfirmasi secara independen tetapi "sangat memprihatinkan" dan "tentu saja tidak di luar batas perilaku Rusia."

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Moldova Maia Sandu Volodymyr Zelenskyy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :