Kamis, 02/05/2024 05:03 WIB

10 Fakta Unik Cristiano Ronaldo yang Jarang Diketahui

Nama Cristiano Ronaldo diyakini diambil dari nama mantan Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan.

Ronaldo dan pialanya (foto: Instagram)

Jakarta, Jurnas.com - Tidak ada yang menampik bahwa Cristiano Ronaldo merupakan pesepak bola terbaik di dunia saat ini. Meski kini memilih bermain di Liga Pro Saudi, pesona pemain 38 tahun itu belum pudar.

Lahir pada 5 Februari 1985, Ronaldo memulai karir profesionalnya bersama Sporting Lisbon di Portugal. Selanjutnya, dia melanglang buana bersama Manchester United, Real Madrid, dan Juventus dengan menorehkan rekor individu dan klub yang mengagumkan.

Dia juga memiliki catatan apik bersama timnas Portugal, mengantarkan tim tersebut sebagai pemenang Euro 2016 dan sukses mencapai semifinal Piala Dunia FIFA pada 2018 lalu.

Di balik pencapaiannya yang luar biasa, Ronaldo menyimpan sejumlah kisah yang jarang diketahui. Berikut ini 10 fakta unik Ronaldo dikutip dari Goal pada Jumat (10/2):

1. Ronaldo Jadi Nama Galaksi
Kehebatan Ronaldo di lapangan menjadi inspirasi bagi sekelompok astronom pada 2015 silam. Dengan menggunakan teleskop luar angkasa Hubble, para astronom yang dipimpin David Sobral, menemukan galaksi baru yang diberi nama Galaksi CR7 atau Cosmos Redshift 7 Galaxy.

2. Jadi Inspirasi Lagu Drake
Penyanyi terkenal asal Amerika Serikat (AS), Drake pernah merilis album musim bertajuk `Scorpion` pada 2018 lalu. Di album itu, dia menyanyikan lagu berjudul `Blue Tint` yang menyebutkan nama Ronaldo.

3. Namanya Mirip Mantan Presiden AS
Nama Cristiano Ronaldo diyakini diambil dari nama mantan Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan. Dia lahir hanya sebulan setelah Ronald Reagan memimpin AS untuk periode kedua. Dan ibu Ronaldo diketahui merupakan penggemar berat Presiden AS ke-40 itu.

4. Punya Ayah seorang Kitman
Kelihaian Ronaldo tidak menurun dari orang tuanya. Pasalnya, ayah Ronaldo hanyalah seorang kitman atau orang yang bertugas mengurusi jersey pemain di klub, di salah satu klub Portugal, Andorinha. Saat itu, Ronaldo yang masih berusia delapan tahun bermain untuk klub tersebut.

5. Jadi Nama Museum
Portugal saat ini memiliki museum yang khusus didedikasikan untuk kehidupan dan karir sepak bola Cristiano Ronaldo. Museum tersebut terletak di Funchal, Madeira, Protugal. Museum ini memamerkan kenangan dan artefak kehidupan pribadi dan profesional Ronaldo, termasuk masa kecilnya.

6. Jadi Nama Bandara
Dulu, Pulau Madeira memiliki sebuah bandara bernama Bandara Internasional Madeira. Namun, nama bandara itu diganti menjadi Bandara Internasional Cristiano Ronaldo sejak 2017 untuk menghormati pesepak bola kelahiran Madeira tersebut.

7. Punya 20 Mobil Mewah
Bukan kabar mengejutkan bila Ronaldo saat ini merupakan salah kolektor mobil mewah di dunia. Pemain 38 tahun itu memiliki 20 mobil mewah, dan yang paling terkenal ialah Bugatti Chiron, Ferrari 599 GTO, dan Rolls-Royce Phantom.

8. Ada Mata Kuliah Khusus Bahas Ronaldo
Kehebatan Ronaldo tidak cuma dibicarakan oleh masyarakat umum, di University of British Columbia, Kanada, ada mata kuliah yang khusus mempelajari Ronaldo. Mata kuliah ini mengulik kehidupan dan karir sang mega bintang.

9. Penerima Penghargaan Puskas Pertama
Ronaldo adalah peraih Penghargaan Puskas pertama, yang dia peroleh pada 2009 lalu. Penghargaan itu diberikan pasca mencetak gol jarak jauh melawan FC Porto bersama MU pada musim 2008/2009.

10. Pesepak Bola Dermawan
Di luar lapangan, Ronaldo dikenal sebagai sosok yang murah hati. Dia sering melakukan kegiatan-kegiatan amal. Pada 2015, CR7 mendirikan Yayasan Cristiano Ronaldo untuk membantu anak-anak yang membutuhkan.

KEYWORD :

Cristiano Ronaldo Fakta Unik Pesepak Bola Hebat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :