Sabtu, 21/09/2024 06:58 WIB

China Kecam Pernyataan Tidak Bertanggung Jawab Biden terhadap Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden berbicara melalui telepon untuk kedua kalinya tahun ini. (Foto: AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Beijing mengutuk komentar Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bahwa Xi Jinping menghadapi "masalah besar", mengatakan pernyataan itu "sangat tidak bertanggung jawab".

Salvo retoris terbaru antara As dan China terjadi setelah jatuhnya balon China minggu lalu yang menurut Washington adalah bagian dari armada mata-mata yang mencakup lima benua.

China juga mengatakan pada Kamis (9/2) bahwa pihaknya telah menolak tawaran telepon dengan kepala pertahanan AS karena keputusan "tidak bertanggung jawab" Washington untuk menembak jatuh sebuah balon pengintai yang diduga minggu lalu.

"Pendekatan yang tidak bertanggung jawab dan sangat keliru oleh AS ini tidak menciptakan suasana yang tepat untuk dialog dan pertukaran antara kedua militer," kata Kementerian Pertahanan China dalam sebuah pernyataan.

Ketegangan kedua negara sempat mereda singkat setelah pertemuan G-20 November lalu antara Biden dan Xi Jinping. Namun ketegangan AS-China memanas lagi, di mana Menteri Luar Negeri Antony Blinken pekan lalu membatalkan kunjungan ke Beijing atas insiden balon tersebut.

AS menuduh balon China yang terbang tinggi, yang melintasi langsung setidaknya satu situs militer AS yang sensitif dimaksudkan untuk mata-mata. China membantah klaim tersebut, dengan alasan itu adalah pesawat pengamat cuaca yang meledak.

Pada hari Rabu, Washington mengatakan balon itu adalah bagian dari "armada", menambahkan bahwa mereka telah terlihat di seluruh dunia selama beberapa tahun dan mendesak sekutu untuk meningkatkan kewaspadaan.

Dalam sebuah wawancara dengan PBS NewsHour pada hari yang sama, Biden membela keputusan untuk menembak jatuh dan menekankan bahwa AS tidak mencari konflik dengan China.

Dia juga mengatakan Xi memiliki "masalah besar", termasuk "ekonomi yang tidak berfungsi dengan baik". "Bisakah Anda memikirkan pemimpin dunia lain yang bertukar tempat dengan Xi Jinping? Saya tidak bisa memikirkannya," kata Biden.

China membalas pernyataan itu Kamis, dengan juru bicara kementerian luar negeri Mao Ning mengatakan dalam pengarahan rutin bahwa Beijing "sangat tidak puas".

"Jenis retorika dari AS ini sangat tidak bertanggung jawab dan bertentangan dengan etiket diplomatik dasar," kata Mao, menambahkan bahwa Beijing "dengan tegas menentang ini".

Itu juga menggandakan posisinya bahwa balon yang ditembak jatuh minggu lalu adalah untuk tujuan sipil, dengan mengatakan klaim bahwa itu adalah bagian dari armada yang mewakili perang informasi melawan China.

"AS mengabaikan penjelasan dan komunikasi China yang berulang, reaksi berlebihan, dan penyalahgunaan kekuatan tidak bertanggung jawab," kata Mao. "Masyarakat internasional dapat melihat dengan sangat jelas apa negara spionase, pemantauan, dan pengawasan terbesar di dunia itu."

Menghadapi kekhawatiran yang meningkat atas spionase China di langit, Jepang mengatakan bahwa pihaknya sedang berkoordinasi dengan Washington ketika menganalisis objek udara tak dikenal yang terlihat di negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

Benda mirip balon misterius terlihat di Jepang utara pada Juni 2020, dengan penduduk setempat memposting gambar di media sosial.

Pihak berwenang kemudian mengatakan bahwa mereka bingung dengan objek tersebut, yang dalam gambar close-up oleh warga dan media tampak terdiri dari balon yang dipasang pada tongkat bersilang dengan baling-baling.

Dalam kunjungan ke Washington minggu ini, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan perangkat itu menunjukkan perlunya negara-negara di seluruh aliansi untuk melindungi diri mereka sendiri.

"Balon Cina di atas Amerika Serikat menegaskan pola perilaku Cina di mana kita melihat bahwa Cina selama beberapa tahun terakhir telah banyak berinvestasi dalam kemampuan militer baru," kata Stoltenberg.

"Kami juga telah melihat peningkatan aktivitas intelijen China di Eropa. Mereka menggunakan satelit, mereka menggunakan dunia maya dan, seperti yang telah kita lihat di Amerika Serikat, juga menggunakan balon," katanya. "Jadi kita hanya harus waspada."

Sumber: AFP

KEYWORD :

Perang Dingin AS China Joe Biden Xi Jinping Balon Mata-mata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :