Jum'at, 19/04/2024 05:57 WIB

Kemendag akan Kurangi Pasokan Minyakita untuk Ritel Modern

Pasokan Minyakita untuk ritel modern akan dikurangi dan dialihkan ke pasar rakyat. Selain itu, Satgas Pangan terus melakukan pengawasan harga dan pasokan Minyakita agar tepat sasaran.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menunjukkan minyak goreng Minyakita. (Biro Humas Kemendag)

JAKARTA, Jurnas.com – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menegaskan, pasokan minyak goreng kemasan sederhana "Minyakita" di pasar rakyat akan ditambah. Masyarakat akan mendapatkan minyak goreng berkualitas dengan harga terjangkau, yakni Rp 14.000 per liter.

Hal ini ditegaskan Mendag Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan, saat meninjau harga dan pasokan bapok di Pasar Kreneng, Denpasar, Bali pada Sabtu (4/2). 

"Saat ini sebagian besar masyarakat lebih memilih Minyakita karena memiliki kualitas yang bagus, sehingga pasokannya perlu ditambah. Untuk itu, Kementerian Perdagangan menambah pasokan Minyakita ke pasar yang sebelumnya 300 ribu ton per bulan menjadi 450 ribu ton per bulan," jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulhas melanjutkan, pasokan Minyakita untuk ritel modern akan dikurangi dan dialihkan ke pasar rakyat. Selain itu, Satgas Pangan terus melakukan pengawasan harga dan pasokan Minyakita agar tepat sasaran.

"Hingga Lebaran, suplai Minyakita diutamakan untuk pasar rakyat. Minyakita tidak boleh dijual lebih dari harga eceran tertinggi dan akan diawasi Satgas Pangan," tutur Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Sementara berdasarkan pantauan, Mendag Zulhas mengungkapkan, secara umum, harga bapok di Kota Denpasar terpantau stabil. Hal ini salah satunya karena peran pemerintah daerah yang turut menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok.

"Pemerintah daerah tanggap dengan terus memonitor harga bapok. Jika harga bapok naik, pemerintah daerah akan membantu biaya logistik. Selain itu, dibantu dalam bentuk subsidi sehingga harga bapok di Denpasar stabil," kata Mendag Zulhas.

Berdasar pantauan harga beras medium tercatat Rp 10.000 per kg, beras medium Bulog Rp 9.000 per kg, beras premium Rp 13.000 per kg, gula pasir Rp 13.000 per kg, minyak goreng curah Rp 15.300 pr liter, minyak goreng Minyakita Rp 14.000 per liter, minyak goreng kemasan premium Rp 18.000 per liter, tepung terigu Rp 13.000 per kg.

Daging sapi Rp 110.000 pr kg, daging ayam ras Rp 35.000 per kg, telur ayam ras Rp 28.800 per kg, cabai merah keriting Rp 40.000 per kg, cabai merah besar Rp 30.000 per kg, cabai rawit merah Rp 47.000 per kg, bawang merah Rp 37.500 per kg, dan bawang putih Rp25.000 per kg.

KEYWORD :

Zulkifli Hasan Minyakita Minyak Goreng Kemasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :