Kamis, 25/04/2024 17:21 WIB

China Bilang Balon yang Terlihat di atas Wilayah AS adalah Pesawat Sipil

Pernyataan itu mengatakan pesawat itu memiliki kemampuan kemudi yang terbatas dan menyimpang jauh dari jalur yang direncanakan karena angin.

Gambar yang dibagikan di media sosial menunjukkan benda putih besar di langit di atas Billings, Montana. Pentagon belum mengkonfirmasi foto yang menunjukkan dugaan balon mata-mata [Chase Doak/via Reuters]

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri China (Kemenlu China) menyatakan penyesalan atas apa yang disebutnya sebagai balon sipil yang tersesat ke wilayah udara Amerika Serikat, yang mendorong penundaan rencana kunjungan diplomat tinggi Washington ke Beijing.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat (3/2), Kemenlu China tersebut mengatakan bahwa balon yang dicurigai oleh AS melakukan pengawasan adalah "pesawat" sipil yang digunakan untuk penelitian, terutama untuk tujuan meteorologi.

Pernyataan itu mengatakan pesawat itu memiliki kemampuan kemudi yang terbatas dan menyimpang jauh dari jalur yang direncanakan karena angin.

Pentagon sebelumnya mengatakan sedang "melacak balon pengintai ketinggian". Diputuskan untuk tidak menembak jatuh balon, yang berpotensi terbang di atas lokasi sensitif, karena khawatir akan melukai orang di darat.

Melaporkan dari Gedung Putih di Washington, DC, Kimberly Halkett dari Al Jazeera mengatakan bahwa balon tersebut pertama kali terlihat oleh para pengamat di negara bagian Montana.

"Itu terlihat oleh orang-orang di tanah yang bertanya-tanya apa yang ada di langit. Begitulah cara pemerintah AS pertama kali mempelajari hal ini, luar biasa," kata dia. "Saat itulah pemerintah AS mulai melacaknya."

"Harus ada beberapa jawaban mengapa para pengamat yang pertama kali melihat ini dan bukan militer atau pemerintah AS," tambah Halkett.

Perjalanan ke Beijing

Pemerintahan Biden mengumumkan pada Jumat bahwa Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, yang diperkirakan akan melakukan kunjungan pertamanya ke Beijing akhir pekan ini, akan menunda perjalanan atas apa yang disebut Washington sebagai insiden balon tidak bertanggung jawab.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri, yang berbicara kepada wartawan tanpa menyebut nama, mengatakan "kondisinya tidak tepat" untuk kunjungan itu, yang diharapkan dimulai pada hari Minggu.

Blinken akan menjadi pejabat tertinggi pemerintahan Presiden Joe Biden yang melakukan perjalanan ke China, dalam misi untuk meredakan ketegakan kedua negara tersebut di tengah perselisihan perdagangan dan kekhawatiran tentang sikap Beijing yang semakin agresif terhadap Taiwan dan di Laut China Selatan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning sebelumnya mengatakan dia tidak memiliki informasi tentang perjalanan itu, tetapi menambahkan bahwa China tidak berniat melanggar wilayah dan wilayah udara negara berdaulat mana pun dan mendesak untuk tenang sementara faktanya ditetapkan.

"Kami telah mencatat pernyataan penyesalan RRC, tetapi kehadiran balon ini di wilayah udara kami jelas merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan kami dan juga hukum internasional. Dan tidak dapat diterima bahwa ini telah terjadi," kata pejabat AS itu kepada wartawan.

Sehari sebelumnya, seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan kepada wartawan Pentagon bahwa AS memiliki "keyakinan yang sangat tinggi" bahwa objek yang terlihat di wilayah udaranya dalam beberapa hari terakhir adalah balon ketinggian tinggi China dan terbang di atas situs sensitif untuk mengumpulkan informasi.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim, telah mengkonfirmasi bahwa salah satu tempat balon itu terlihat adalah Montana, yang merupakan rumah bagi salah satu dari tiga lapangan silo rudal nuklir negara itu di Pangkalan Angkatan Udara Malmstrom.

Pejabat itu juga mengatakan AS telah menilai balon itu memiliki nilai "terbatas" dalam hal memberikan intelijen yang tidak dapat diperoleh oleh teknologi lain, seperti satelit mata-mata.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Perang Dingin AS China Balon Mata-mata Pesawat Sipil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :