Sabtu, 20/04/2024 06:32 WIB

Zenius Gelar Kompetisi Jenjang SD-SMA, Cek Jadwalnya

Zenius Gelar Kompetisi Jenjang SD-SMA, Cek Jadwalnya

Ilustrasi siswa mengikuti kompetisi (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Platform pendidikan, Zenius menggelar kompetisi akademik bagi siswa jenjang SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia. Program tahunan New Primagama ini akan berlangsung hingga pertengahan 2023.

Bekerja sama dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk, kompetisi ini menguji kemampuan siswa-siswi dengan soal-soal berstandar olimpiade, mulai dari soal literasi, numerasi, dan sains untuk siswa SD dan SMP, serta matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, dan geografi untuk siswa SMA.

"Soal-soal yang ada di kompetisi ini dibuat selaras dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dari Kemendikbud dan mengacu kepada PISA (Program Penilaian Pelajar Internasional)," terang Founder dan CEO Zenius, Sabda PS pada Jumat (27/1).

Sabda menambahkan bahwa dalam menyelenggarakan kompetisi tahunan ini, Danamon menyediakan tabungan pendidikan dengan nominal ratusan juta rupiah untuk para pemenang.

"Danamon bangga dapat bekerja sama dengan New Primagama untuk mendorong lahirnya bakat-bakat baru dari generasi muda Indonesia yang memiliki standar kompetensi internasional," ujar Consumer Funding Business Head PT Bank Danamon Indonesia, Ivan Jaya.

Akan ada sepuluh orang juara dari tiap kategori yang diujikan yang akan mendapatkan gadget, medali, sertifikat, dan tabungan pendidikan dari Danamon. Secara keseluruhan, akan ada 80 juara dari kompetisi ini.

Periode pendaftaran dan penyisihan babak pertama program ini dibuka sejak 12 Desember 2022 hingga 28 Januari 2023. Sementara babak semifinal akan digelar pada 27 Februari - 4 Maret 2023. Babak penyisihan dan semifinal akan dilakukan serentak di seluruh cabang New Primagama menggunakan platform Zenius. Berbeda dengan babak semifinal, babak final yang akan digelar secara offline di Jakarta pada 25-26 Maret 2023 mendatang.

"Semoga program ini bisa menghidupkan semangat berkompetisi bagi para siswa dan sekolah. Kami juga berharap program ini juga bisa memberikan pencerahan kepada para siswa melalui pembahasan soal dan coaching clinic," harap Sabda.

"Jadi selain berkompetisi, mereka juga bisa mendapatkan gambaran tentang soal-soal AKM, dan bagaimana menyelesaikan soal-soal tersebut melalui pemahaman konsep," tutup dia.

KEYWORD :

Zenius Kompetisi Akademik SMA SD SMP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :