Senin, 29/04/2024 06:03 WIB

Presiden Zelenskyy Minta Anggota Parlemen Solid Hadapi Invasi Rusia

Presiden Zelenskyy Minta Anggota Parlemen Solid Hadapi Invasi Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara selama sesi parlemen di Kyiv, Ukraina, pada 3 Mei 2022. (Foto: Layanan Pers Presiden Ukraina/Handout via REUTERS)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengatakan kepada anggota parlemen untuk tetap bersatu dalam menghadapi invasi Rusia dan memuji Ukraina karena membantu Barat "menemukan dirinya kembali".

Zelenskyy, dalam pidato tahunan yang diadakan secara tertutup karena perang Rusia, mengatakan perlawanan militer Ukraina terhadap Kremlin telah menghidupkan kembali kepercayaan pada nilai-nilai di seluruh dunia.

"Berkat persatuan kita, kita mencapai apa yang hampir tidak dipercaya oleh siapa pun di dunia. Hampir tidak ada seorang pun - kecuali kita," kata dia kepada anggota parlemen, kabinetnya, pejabat senior lainnya, dan petinggi militer pada pidatonya, Rabu (28/12). 

"Warna nasional kita hari ini adalah simbol keberanian internasional dan kegigihan seluruh dunia," kata dia dalam pidato berdurasi 45 menit itu.

Pria berusia 44 tahun itu tampil dengan suara seraknya yang khas dari mimbar parlemen, yang disebut Verhovna Rada, mengenakan kaus hitam kasual yang sesekali mendapat tepuk tangan dari anggota parlemen.

Pidato akhir tahun itu terfokus pada perang, sekarang di bulan ke-11, tetapi dia juga menggunakannya untuk menguraikan gagasan - seperti desentralisasi sistem energi dan menjadikannya lebih hijau - untuk membangun kembali negara yang kuat dan makmur.

Berterima kasih kepada mitra Barat untuk pasokan senjata, Zelenskyy juga mengatakan Ukraina akan menelurkan industri pertahanan rumahan yang kuat yang "akan menjadi salah satu yang paling kuat di Eropa dan dunia".

Dia menambahkan bahwa Ukraina akan meningkatkan jumlah terminal layanan internet Starlink yang dimilikinya menjadi lebih dari 30.000. Unit SpaceX sangat penting untuk menjaga akses internet di tempat-tempat yang terkena serangan udara Rusia.

Zelenskyy juga mengatakan kepada parlemen bahwa Ukraina telah mengamankan pembebasan 1.456 tawanan perang sejak invasi Rusia, hasil dari serangkaian pertukaran tahanan dengan Moskow.

Rusia diperkirakan menahan ribuan tawanan perang Ukraina, tetapi angka pastinya tidak diketahui.

Pasukan Kremlin menginvasi Ukraina pada 24 Februari, melancarkan perang yang telah menewaskan puluhan ribu orang, menghancurkan kota-kota, dan membuat jutaan orang mengungsi.

Zelenskyy mengatakan upaya perang Ukraina telah membantu mengkonsolidasikan dan mempersatukan Uni Eropa. Ukraina telah mendaftar untuk bergabung dengan Uni Eropa dan aliansi militer NATO. "Ukraina menjadi salah satu pemimpin global," katanya.

"Selama 10 bulan tahun ini, kami membantu semua orang. Kami membantu Barat menemukan dirinya kembali, untuk kembali ke arena global dan merasakan betapa Barat menang. Tidak seorang pun di Barat takut atau takut pada Rusia," tambah Zelenskyy.

KEYWORD :

Perang Rusia dan Ukraina Volodymyr Zelenskyy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :