Jum'at, 14/06/2024 19:23 WIB

Densus 26: Jangan Sampai NU Di Madura Dirusak Paham Radikal

Detasemen Khusus 26 menggelar pengajian Ahlussunnah Wal Jamaah di Madura

Densus 88 Antiteror (ilustrasi)

Jakarta - Detasemen Khusus 26 menggelar pengajian pendidikan Khusus Dai Ahlus Sunnah wal Jamaah di Aula STAIN Pamekasan, Madura, Minggu (22/1/2017). Pengajian tersebut diampu langsung pengasuh Densus 26 KH Marzuki Mustamar.   

Kordinator Nasional (Kornas) Densus 26 Umarudin Masdar mengatakan Madura merupakan daerah yang bersejarah bagi pendirian Nahdhatul Ulama (NU). Menurutnya, Madura menjadi salah satu daerah tempat berkumpulnya ulama saat minta restu Khadratus Syaikh Kiai Kholil Bangkalan saat akan mendirikan NU.

Karena itu, kata dia, Densus 26 menganggap penting untuk mengadakan pengajian Ahlus Sunnah Wal Jamaah di Madura. Tujuannya, untuk kembali menggali nilai-nilai ajaran para ulama pendiri NU terdahulu.

"Madura adalah akar berdirinya NU, jangan sampai madura saat ini NU-nya dirusak oleh faham faham yang ingin memecah belah NKRI, Karena NKRI adalah warisan para ulama dan NU wajib menjaga itu,” ujar Umar di Madura, Minggu, (22/1/2019).

Umar mengatakan pengajian difasilitasi Pengurus Cabang NU dua kabupaten di Madura, Pamekasan dan Sumenep. Menurut Umar, pengajian tersebut merupakan angkatan ke 148 dari seluruh kegiatan rutin yang telah dilakukannya. 

 

"Semangat yang dikobarkan Densus 26 angakatan 148 di Aula STAIN Pamekasan itu nampaknya sejalan dengan semangat pemuda dan kader NU yang hadir. Sejatinya pada hari ini berlangsung acara Densus 26 dalam dua angkatan, angkatan 148 dilaksanakan pagi sampai siang di Aula STAIN yang dihadiri oleh kader IPNU serta IPPNU Pamekasan, dan angkatan 149 dilaksanakan oleh PC NU Pamekasan di Gedung PC NU Pamekasan yang dihadiri 1.000 undangan," paparnya.

Ia berharap pengajian tersebut memberi hikmah bagi peserta untuk bekal dakwah Ahlussunnah Wal Jamaah di lingkungan masyarakat.

"Pasalnya, faham faham Wahabi, Islam Transnasional, dan ormas intoleran di Indonesia gerakannya semakin merajalela," ungkapnya.

Seperti diketahui, Acara tersebut dihadiri Ketua PC NU Pamekasan dan Ketua PCNU Sumenep. Selain dihadiri Koornas Densus 26 Kiai Umarudin Masdar, hadir juga Koordinator Wilayah Densus 26 Madura, Nur Faizin Darain (Sumenep).

KEYWORD :

Densus 26 Pengajian Ahlussunnah Wal Jamaah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :