Sabtu, 28/01/2023 19:40 WIB

Kongres Himpsi ke-XIV Dibuka, Ini Pesan Gubernur Sumut

Kongres Himpsi ke-XIV Dibuka, Ini Pesan Gubernur Sumut

Pembukaan Kongres Himpsi ke-XIV (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kongres Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) ke-XIV resmi dibuka pada Jumat (30/9) pagi, di Hotel Niagara Parapat, Sumatera Utara. Pembukaan Kongres Himpsi ditandai dengan pemukulan gondang oleh Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani didampingi Ketua Umum Himpsi, Seger Handoyo.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dalam keterangan terpisah mengucapkan selamat atas terlaksananya Kongres Himpsi yang bakal berlangsung pada 30 September-2 Oktober.

"Dengan hadirnya UU Pendidikan dan Layanan Psikologi Nomor 23 Tahun 2022, kami berharap semoga ketua baru yang terpilih, dapat bersinergi dengan pemerintah di berbagai bidang," kata Edy.

"Kita semua memerlukan motivasi dan moril dalam rangka pembangunan bangsa khususnya di Sumatera Utara," imbuh dia.

Kongres Himpsi ke-XIV dihadiri oleh 429 anggota psikologi dari berbagai pengurus wilayah, asosiasi dan ikatan psikologi seluruh Indonesia. Aktivitas pra-kongres sudah berlangsung sejak Mei 2022 dengan beberapa webinar yang diikuti oleh 1.146 peserta maupun sejumlah workshop daring yang diikuti 579 orang.

Total, 24 kegiatan webinar dan workshop daring bekerjasama dengan para narasumber dari asosiasi ikatan dan praktisi psikologi dengan menyasar peserta kalangan psikologi dan masyarakat umum.

Dalam acara pembukaan Kongres, Ketua Panja RUU Profesi Psikologi DPR RI, Hetifah Sjaifudian, berbicara mengenai peningkatan pendidikan dan layanan psikologi. Sedangkan selaku pengusul RUU Profesi Psikologi DPR RI, Desy Ratnasari, mengangkat isu impelentasi asas-asas pendidikan dan layanan psikologi sebagai amanat undang-undang. Himpsi juga menganugerahkan tanda kehormatan kepada keduanya.

Penyelenggaraan Kongres Himpsi ke-XIV dan Temu Ilmiah Nasional yang berlangsung di Medan pada 2022 ini diharapkan memberikan dampak kebangkitan pariwasata, serta ekonomi masyarakat sekitar Danau Toba khususnya dan masyarakat Medan pada umumnya.

TAGS : Kongres Himpsi Himpunan Psikologi Indonesia Gubernur Sumut Edy Rahmayadi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :