Rabu, 24/04/2024 08:15 WIB

Diduga Mata-mata, Rusia Tangkap dan Usir Diplomat Jepang

Diduga mata-mata, Rusia tangkap dan usir diplomat Jepang.

File foto bendera Rusia. (Foto: iStock/Derek Brumby)

JAKARTA, Jurnas.com - Rusia mengatakan pihaknya telah menahan seorang diplomat Jepang yang berbasis di kota timur Vladivostok karena melakukan pekerjaan terkait spionase dan menyatakan orang resmi itu non grata.

"Seorang diplomat Jepang ditahan saat menerima informasi rahasia, dengan imbalan uang, tentang kerja sama Rusia dengan negara lain di kawasan Asia-Pasifik," kata Dinas Keamanan FSB dalam sebuah pernyataan, yang disiarkan oleh kantor berita Rusia.

FSB menambahkan, diplomat itu juga telah meminta informasi tentang dampak sanksi Barat di wilayah Primorsky timur.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa diplomat itu diperintahkan untuk meninggalkan negara itu dalam waktu 48 jam.

FSB mengatakan telah mengajukan protes dengan Tokyo melalui saluran diplomatik dan menyatakan diplomat yang diidentifikasi sebagai konsulat jenderal di Vladivostok, Motoki Tatsunori, persona non grata, kantor berita melaporkan.

FSB mendistribusikan video pendek yang dikatakan menunjukkan diplomat itu mengakui bahwa dia telah melanggar hukum Rusia.

Rusia menganggap Jepang sebagai negara bermusuhan, sebutan yang sama dengan semua negara Uni Eropa, Amerika Serikat dan sekutu termasuk Inggris dan Australia.

Moskow dan Tokyo telah bertukar sanksi dan pengusiran diplomat sejak 24 Februari ketika Vladimir Putin meluncurkan apa yang disebut Kremlin sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina.

Tokyo memiliki hubungan yang kompleks dengan Moskow sebelum invasi Ukraina dan kedua belah pihak belum menandatangani perjanjian damai pasca-Perang Dunia II.

Upaya untuk melakukannya telah terhambat oleh perselisihan yang telah berlangsung lama atas pulau-pulau yang dikendalikan oleh Rusia, yang menyebut mereka sebagai Kuril.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Diplomat Jepang Diusir Perang Rusia dan Ukraina Mata-mata Asing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :