Jum'at, 17/05/2024 13:33 WIB

Kenaikan Harga BBM Subsidi Masih Dibahas Pemerintah

Kenaikan harga BBM subsidi masih dibahas Pemerintah

Menteri ESDM Arifin Tasrif. (dok. Humas Kementerian ESDM)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah masih membahas soal opsi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite di internal. Namun, hingga kini belum ada keputusan apakah Pertalite akan dinaikkan.

Hal itu, disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, saat ditemui awak media di Gedung DPR RI, Selasa (16/8/2022). "Lagi dibahas (harga Pertalite)," ujar menteri Arifin.

Dia membeberkan, jika pembahasan kenaikan harga Pertalite dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. "Masih koordinasi di pak Airlangga," jelasnya.

Sementara terkait dengan pembatasan Pertalite sebagai upaya menekan agar kuota tidak jebol masih menunggu revisi Peraturan Presiden (Perpres) 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM. Revisi aturan ini sebelumnya dikatakan untuk pembatasan konsumsi Pertalite kepada masyarakat yang berhak mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Sementara itu, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto sebelumnya khawatir rencana kenaikan harga BBM yang saat ini tengah digulirkan oleh pemerintah dapat berdampak pada daya beli masyarakat di tengah pemulihan ekonomi. Hal tersebut menyusul sikap Badan Anggaran (Banggar) DPR RI yang tidak memberikan rekomendasi penambahan kuota Pertalite dan Solar untuk tahun ini.

KEYWORD :

Menteri ESDM Arifin Tasrif BBM subsidi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :