Senin, 03/10/2022 11:25 WIB

5 Poin Penting di Piagam Koalisi Gerindra dan PKB

Piagam Koalisi Gerindra dan PKB Memuat Lima Poin Pokok

Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar saat penandatanganan piagam koalisi Gerindra dan PKB di Pemilu 2024

Bogor, Jurnas.com - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara sah membangun sebuah koalisi yang ditandatangani langsung oleh Prabowo Subianto (Ketua Umum Gerindra) dan Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB).

Ada lima poin penting yang tertuang dalam dokumen piagam koalisi Pemilu 2024 itu, yang salah satunya adalah menyerahkan mandat penentuan pasangan Capres dan Cawapres kepada Prabowo Subianto (Ketua Umum Partai Gerindra) dan Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB).

Selain poin tersebut, ada juga kesepakatan bahwa kerja sama Partai GERINDRA dan PKB dilatarbelakangi keinginan menyatukan dua kekuatan besar di Indonesia yakni Nasionalis dan Religius, untuk menghindari polarisasi masyarakat pada Pemilu Tahun 2024 dan dapat membuka koalisi dengan Partai Politik lain atas persetujuan kedua belah pihak.

Berikut Salinan lengkap Piagam Kerjasama Gerindra dan PKB

PIAGAM KERJA SAMA PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA DAN PARTAI KEBANGKITAN BANGSA DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024

Bahwa cita cita luhur untuk membangun dan mewujudkan tatanan masyarakat Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil dan makmur berlandaskan Pancasila, sebagaimana termaktub di dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan cita-cita bersama seluruh rakyat Indonesia.

Cita-cita kemerdekaan tersebut hanya dapat dicapa: dengan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa. Membangun kehidupan secara seimbang baik lahir maupun batin dengan landasan Pancasila dalam segala bidang.

Selanjutnya kehidupan bangsa yang lebih maju, modern dan mandiri menuntut pembaharuan yang terus menerus melalu: usaha-usaha yang disesuaikan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan zaman dengan tetap memelihara nilai-nilai luhur dan kepribadian bangsa Indonesia.

Menjaga persatuan dan keutuhan bangsa adalah mandat dan tugas semua Partai Politik Indonesia. Semua partai bukan hanya memiliki kewajiban, tapi juga memilik: kapasitas merawat persatuan dan kebhinekaan.

Maka dari itu kami bertemu, saling bertukar pikiran, menggalang komunikasi dan membangun kerja sama.

Kerja sama Partai Gerakan Indonesia Raya (Partai GERINDRA) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan sendirinya akan saling melipatgandakan kekuatan, dalam menjaga persatuan dan kebhinekaan Indonesia. Kami percaya bahwa tugas pemimpin berikutnya adalah menjaga persatuan tersebut dengan cara tidak mengotak-ngotakkan, mendiskriminasi satu sama lain, dan tidak saling menghakimi antar sesama anak bangsa.

Adanya persatuan dan kebhinekaan merupakan landasan awal untuk mewujudkan cita-cita keadilan sosial dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Persatuan dan kebhinekaan adalah prinsip dasar, bukan alat tukar dalam mengejar kekuasaan. Kami juga percaya banyak cara dan jalan untuk menjaga persatuan dan kebhinekaan. Cara-cara lama yang memang baik mesti dan wajib dilanjutkan. Tapi kami terbuka dengan cara-cara alternatif, metode metode kerja sama yang lebih segar untuk menjalankan mandat tersebut. Oleh karena itu, kami sepakat:

1. Dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan Partai GERINDRA dan PKB bekerja sama dalam Pemilu Serentak Tahun 2024.

2. Kerja sama Partar GERINDRA dan PKB didasarkan pada Visi Bersama agar terjadi percepatan pembangunan untuk Indonesia secara berdaulat, adil, makmur, sejahtera, dan aktif mendorong terciptanya perdamaian dunia.

3. Kerja sama Partai GERINDRA dan PKB dilatarbelakangi keinginan menyatukan dua kekuatan besar di Indonesia yakni Nasionalis dan Religius untuk menghindari polarisasi masyarakat pada Pemilu Tahun 2024 dan dapat membuka koalisi dengan Partai Politik lain atas persetujuan kedua belah pihak.

4. Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang akan diusung oleh kerja sama politik Partai GERINDRA dan PKB akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina/Ketua Umum Partai GERINDRA H Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB H Abdul Muhaimin Iskandar.

5. Kesepakatan kerja sama Partai GERINDRA dan PKB ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang disepakati.

TAGS : 5 Poin Penting Piagam Koalisi Gerindra PKB polarisasi Prabowo Subianto Muhaimin Iskandar




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :