Jum'at, 17/05/2024 15:03 WIB

China Sanksi Wakil Menteri Lithuania atas Kunjungan ke Taiwan

China sanksi wakil menteri Lithuania atas kunjungan ke Taiwan

Bendera Taiwan dan Lithuania dikibarkan di Kantor Perwakilan Taiwan di Vilnius, Lithuania 20 Januari 2022. Reuters/Janis Laizans/File Photo

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) China menjatuhkan sanksi kepada Wakil Menteri Transportasi dan Komunikasi Lithuania, Agne Vaiciukeviciute atas kunjungan ke Taiwan.

Kemenlu China juga mengatakan, Beijing juga akan menangguhkan keterlibatan dengan kementerian Vaiciueviciute dan kerja sama transportasi dengan Lithuania, sebuah republik Baltik kecil.

Sementara itu, Kementerian Transportasi dan Komunikasi Lithuania mengatakan pihaknya menyesali pengumuman China.

"Beijing memilih untuk melanjutkan dan mengintensifkan tindakan ilegal terhadap (sebuah) negara anggota Uni Eropa," kata kementerian Lituania dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

"Ini tidak hanya tidak kondusif untuk pengembangan hubungan China dengan dunia demokrasi, tetapi juga membalikkan kebijakan yang dinyatakan Beijing sendiri sejauh ini tidak menghalangi pengembangan hubungan yang saling menguntungkan dengan Taiwan, salah satu ekonomi paling progresif di dunia," sambungnya.

China mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai wilayahnya dan menentang politisi asing yang mengunjungi pulau itu. Taiwan yang diperintah secara demokratis menolak klaim China.

Penguatan hubungan Lithuania baru-baru ini dengan Taiwan telah membuat Beijing berang dan menyebabkan penurunan ekspor Lithuania ke China pada kuartal pertama tahun ini menjadi hampir nol.

Vaiciukeviciute mengatakan di Twitter pada Jumat (12/8) bahwa ia  mengunjungi tiga kota dan dua pelabuhan dan mengadakan 14 pertemuan di Taiwan selama periode lima hari.

"Seminggu yang produktif di Taiwan, mencari lebih banyak cara kerja sama LT Transport dengan perusahaan maritim, pelayaran, dan penerbangan TW," tweetnya, merujuk ke Lithuania dan Taiwan dengan singkatannya.

Vaiciueviciute mengunjungi Taiwan beberapa hari setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi melakukannya. Menanggapi kunjungan Pelosi, China meluncurkan latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan, menjatuhkan sanksi terhadap Pelosi dan pembatasan perdagangan dengan Taiwan.

Ketika Jovita Neliupsiene, wakil menteri ekonomi dan inovasi Lithuania, mengunjungi Taipei pada bulan Juni, dia mengatakan bahwa Lithuania berencana untuk membuka kantor perwakilan di Taiwan pada bulan September.

Lithuania telah berada di bawah tekanan China yang berkelanjutan untuk membatalkan keputusan tahun lalu yang mengizinkan Taiwan membuka kedutaan de facto di ibu kota Vilnius dengan namanya sendiri.

China telah menurunkan hubungan diplomatik dengan Lithuania dan menekan perusahaan multinasional untuk memutuskan hubungan dengannya.

Pada Januari, Uni Eropa meluncurkan tantangan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang menuduh China melakukan praktik perdagangan diskriminatif terhadap Lithuania dan dengan alasan bahwa ini mengancam integritas pasar tunggal blok itu.

Negeri Tirai Bambu tersebut mengatakan bahwa mereka selalu mematuhi aturan WTO dan bahwa masalahnya dengan Lituania bersifat politik, bukan ekonomi.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Sanksi Lithuania Agne Vaiciukeviciute Taiwan China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :