Sabtu, 20/04/2024 03:05 WIB

Penanganan PKM di Daerah, Kemendagri : Pemda Dapat Geser Anggaran

Penanganan PKM di daerah, Kemendagri : Pemda dapat geser anggaran

Direktur Jenderal (Dirjen) Keuangan Daerah (Keuda) Agus Fatoni. (Puspen Kemendagri)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Daerah (Pemda) dapat menggeser pos anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak. Pergeseran anggaran ini harus dibahas bersama DPRD agar diusulkan dalam rancangan perubahan APBD.

Penegasan tersebut disampaikan Dirjen Bina Keuangan Daerah (Keuda), Kementerian Dalam Negeri (Kemendari), Agus Fatoni, saat Rapat bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara membahas Pergeseran BTT dalam Penanganan Kasus Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan Ternak, Jumat (1/7/2022).

"Dalam keadaan darurat pemda dapat melakukan pengeluaran yang belum tersedia anggarannya, termasuk belanja untuk keperluan mendesak yang kriterianya ditetapkan dalam Peraturan Daerah tentang APBD yang bersangkutan," kata Fatoni, dikutif dari keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (2/7/2022).

Fatoni menambahkan kriteria pengeluaran untuk keadaan darurat seperti bencana alam, bencana non-alam, bencana sosial dan atau kejadian luar biasa. Sedangkan kriteria keperluan mendesak seperti pengeluaran daerah yang berada diluar kendali Pemerintah Daerah dan tidak dapat diprediksikan sebelumnya.

Serta amanat peraturan perundang-undangan dan atau pengeluaran daerah lainnya yang apabila ditunda akan menimbulkan kerugian yang lebih besar bagi Pemerintah Daerah dan/atau masyarakat, sebagaimana tertuang dalam Pasal 69 ayat (2) PP 12/2019.

“Berkaitan dengan itu, jika dana untuk pengendalian dan penanggulangan PMK di APBD belum ada/tidak cukup tersedia, maka dapat dianggarkan dengan melakukan mekanisme pergeseran anggaran dari BTT kepada program tersebut atau melakukan pembebanan anggaran BTT sesuai dengan status dan kondisi masing-masing daerah," jelasnya.

Di akhir paparan, Fatoni menegaskan pemda dapat melakukan pergeseran anggaran tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selain itu, perlu juga dipastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

"Berkaitan dengan penggunaan BTT untuk keadaan darurat termasuk keperluan mendesak tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara atau Kabupaten/Kota dalam rangka penanganan penyakit kuku dan mulut, dapat dilaksanakan dengan melakukan perubahan Peraturan Kepala Daerah tentang Penjabaran APBD Tahun Anggaran 2022 dan dilaporkan kepada pimpinan DPRD," tutupnya.

 

KEYWORD :

Kemendagri Agus Fatoni Pemda penanganan PMK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :