Jum'at, 19/04/2024 20:27 WIB

Kemdikbudristek Siapkan Aplikasi "Halo Bahasa", Apa Itu?

Kemdikbudristek Siapkan Aplikasi

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek, Endang Aminudin Aziz (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, sedang menyiapkan sebuah aplikasi, yang berisi sejumlah layanan dan fitur terkait kebahasaan.

Aplikasi yang diberi nama `Halo Bahasa` ini di awal peluncurannya pada pertengahan Agustus nanti, baru akan tersedia untuk Android. Sedangkan untuk IOS atau pengguna iPhone masih dalam proses pengembangan.

"Jadi dari satu aplikasi ini bisa mengakses semua layanan, baik layanan tentang BIPA (Badan Indonesia untuk Penutur Asing), misalnya ada yang mau jadi guru BIPA di luar dan di dalam negeri. Kemudian ada juga tes UKBI (Uji Kemaharian Berbahasa Indonesia)," terang Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek, E. Aminudin Aziz pada Jumat (1/7).

Aplikasi `Halo Bahasa` juga memiliki fitur data pokok kebahasaan dan kesastraan, ditambah menu Senarai Padanan Istilah Asing Indonesia (SPAI). Yang paling menarik, di dalam platform ini juga sudah tersedia Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang saat ini masih berupa aplikasi terpisah.

"Selain SPAI dan KBBI, juga ada aplikasi penyuntingan bahasa Indonesia, Sipebi. Untuk sekarang Sipebi masih berbasis komputer, nanti akan kami integrasikan sehingga bisa berbasis ponsel," ujar Aziz.

"Kalau misalnya teks dimasukkan ke dalam Sipebi, itu bisa nanti kelihatan apakah katanya salah atau ada kurang huruf, atau `di` itu kata depan atau imbuhan," imbuh dia.

Dan yang paling penting, lanjut Aziz, pihaknya juga akan meluncurkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yang disertakan di dalam aplikasi `Halo Bahasa` ini.

"Sudah lebih dari lima tahun PUEBI ini belum dimutakhirkan. Nanti Agustus akan dimutakhirkan dengan pola baru. Kata serapan dan istilah dengan pendekatan baru yang lebih pragmatis, lebih menggambarkan fenomena yang dipakai masyarakat," tutup Aziz.

KEYWORD :

Aplikasi Halo Bahasa Kebahasaan Endang Aminudin Aziz Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :