Rabu, 24/04/2024 00:25 WIB

Rocky Gerung: Politik Bukan Sekadar Elektibilitas Tapi Etikabilitas

Politik Bukan Sekadar Elektibilitas tapi Etikabilitas

Rocky Gerung (tengah)

Jakarta, Jurnas.com - Pengamat Politik Rocky Gerung menyatakan indonesiaa saat ini berhadapan dengan public yang lebih rasional. Sehingga fokus masyarakat juga soal etikabilitas dan intelektualitas. Lebih dari sekadar elektibilitas.

Hal itu diungkapkan Rocky Gerung saat mengisi diskusi public dan peluncuran buku “Mata Air Indonesia Maju: Bunga Rampai Gagasan Kepada Cak Imin” di Alembana Kafe, Yogyakarta (26/6).

“Ujian Cak Imin saat ini bukan soal elektabilitas. Itu bukan hal utama untuk dibahas” kata Rocky.

Menurutnya, calon pemimpin saat ini harus diuji pada etika, kemampuannya membuka diri pad aide-ide kebhinekaan dalam makna budaya mau pun politik. Selain itu juga ujian intelektualitas.

“62 gagasan dalam buku Mata Air Indonesia Maju harus mau dan mampu diterjemahkan oleh Cak Imin. Fokus saja pada etika dan intelektualitas.” Tegas Rocky.

Ia berharap Cak Imin mampu memimpin kebhinekaan dalam perpacuan politik 2024.

“Saya senang dan berharap Cak Imin memimpin remah-remah politik 20 persen ini. Karena kenyataan yang terjadi bahwa salah satu partai, yakni PDI Perjuangan sudah punya start duluan karena 20 persen itu. Cak Imin mestinya bisa memimpin remahan 20% ini baru memimpin agenda kebangsaan dalam agenda keadilan dan kebhinekaan.”Jelas Rocky Gerung.

Rocky mengkritik saat ini kebhinekaan politik indonesia mundur sebab masalah Remahan 20% perlementary treeshold.

“tidak ada kebhinekaan karena kekhawatiran seseorang tidak masuk dalam putaran.” Tegasnya.
Terkait gagasan kebhinekaan dalam kaitan persatuan dan intoleransi yang menguat dalam politik indonesia sepuluh tahun terakhir, Rocky menilai Cak Imin sosok moderat dengan kapasitas inetelektual teruji.

“Buku ini bukti Cak Imin itu Bhineka dalam tindakan politik mau pun gagasan.” Tutup Rocky.

Buku "Mata Air Indonesia Maju" sendiri berisi pemikiran dari 62 penulis dengan latar belakang aktivis, akademisi, peneliti, dan praktisi gerakan sosial mengirimkan gagasannya pada Wakil Ketua MPR dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau akrab disebut sebagai Cak Imin.

KEYWORD :

Rocky Gerung Politik Elektibilitas Etikabilitas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :