Jum'at, 19/04/2024 10:43 WIB

LTMPT Tegaskan Tidak Ada Kebocoran Soal UTBK

LTMPT Tegaskan Tidak Ada Kebocoran Soal UTBK

Ilustrasi kebocoran soal UTBK (Foto: Unsplash)

Jakarta, Jurnas.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menegaskan tidak ada kebocoran soal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Hal ini disampaikan usai muncul kehebohan di media sosial terkait soal-soal UTBK yang dibocorkan sejumlah peserta.

"LTMPT menegaskan bahwa selama pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 baik Gelombang 1 maupun Gelombang 2 sejumlah 28 sesi sama sekali tidak terjadi kebocoran soal," tegas Ketua LTMPT Mochamad Ashari, dalam keterangan tertulisnya pada Senin (20/6).

Dikatakan, LTMPT merancang soal UTBK-SBMPTN 2022 berbeda untuk setiap sesi. Artinya, tidak ada soail UTBK-SBMPTN 2022 yang sama antarsesi.

"Beredarnya foto-foto soal UTBK-SBMPTN 2022 di media sosial diduga disebabkan adanya upaya sejumlah oknump eserta UTBK, yang berniat melakukan kecurangan. Namun, LTMPT memastikan upaya curang tersebut tidak berpengaruh terhadap keakuratan penilaian hasil UTBK," imbuh Ashari.

Bagi peserta yang terbukti melakukan kecurangan, lanjut Ashari, LTMPT akan memberikan sanksi tegas. Demikian pula terhadap dugaan pelanggaran, baik yang bersumber dari Berita Acara Pelaksananaan Ujian (BAPU), siswa UTBK-SBMPTN 2022, laporan masyarakat, dan analisis kecurangan.

"LTMPT melakukan proses pendalaman dengan melakukan pemeriksaan terhadap bukti-bukti yang tersedia. Peserta dan oknum yang terliibat dalam kecurangan akan dituntut dan diberi sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik sanksi administrasi maupun pidana," tegas Ashari.

KEYWORD :

LTMPT Kebocoran Soal UTBK SBMPTN 2022 Mochamad Ashari




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :