Rabu, 17/07/2024 03:10 WIB

Menaker Hanif jangan Seperti Pemadam Kebakaran

Menaker Hanif Dhakiri diminta agar tidak seperti pemadam kebakaran dalam menanggapi isu yang sedang berkembang soal TKA ilegal terutama asal China.

Dede Yusuf, Anggota DPR RI

Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri diminta agar tidak seperti pemadam kebakaran dalam menanggapi isu yang sedang berkembang soal tenaga kerja asing (TKA) ilegal terutama asal China.

Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf berharap, agar Menaker melakukan inspeksi mendadak tidak hanya disaat isu soal TKA ilegal tersebut mulai marak.

"Apa yang dilakukan menteri jangan seperti pemadam kebakaran, jangan karena isu soal TKA ini ramai baru dilakukan," kata Dede, kepada Jurnas.com, Jumat (30/12).

Semestinya, kata Dede, Sidak itu harus sering dilakukan oleh menteri. Hal itu untuk membuktikan dan mengantisipasi isu TKA ilegal yang membanjiri Indonesia.

"Kelihatannya karena isunya lagi marak, jadi mungkin stres juga, karena mungkin ditegur presiden. Maka untuk membuktikan itu pak menteri melakukan sidak," katanya.

Diketahui, Menaker Hanif Dhakiri melakukan Sidak terhadap TKA, di PT. Hua Xing Industri, jalan Narogong Km 20, Cileungsi, Bogor. Bahkan, Hanif sempat membentak TKA asing asal China karena bertindak kurang kooperatif.

Alih-alih mendengarkan imbauan Menaker, mereka malah asik menelpon atau bicara dengan rekannya. "Sit down please," kata Menaker dalam nada tinggi saat sidak tersebut, Kamis (29/12).

TKA China yang bekerja di perusahaan bidang peleburan baja ini membuahkan hasil, yakni ditemukannya 38 TKA asal Tiongkok dan 18 TKA terindikasi melakukan pelanggaran izin.

“Mereka yang terindikasi melakukan pelangaran izin kerja, dibawa ke tahanan Imigrasi untuk diperiksa oleh pengawas Ketenagakerjaan dan Imigrasi,” tegas Menteri Hanif sebelum meninggalkan lokasi pabrik.

KEYWORD :

TKA Ilegal Menaker Hanif Dhakiri TKA China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :