Selasa, 05/07/2022 16:10 WIB

Mentan Buka Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh tentang Pemanfaatan KUR untuk Agribisnis

Mentan Buka Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh tentang Pemanfaatan KUR untuk Agribisnis

- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo membuka Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh yang kali ini mengangkat tema Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk Agribisnis, Selasa (24/5).

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo membuka Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh yang kali ini mengangkat tema Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk Agribisnis, Selasa (24/5). 

Pemerintah terus mempermudah persyaratan program KUR pertanian, termasuk menaikkan kebijakan KUR tanpa agunan. Karena itu, ia mengajak para petani memanfaatkan KUR untuk meningkatkan nilai tambah pascapanen.

"Hari ini kita laksanakan untuk memanfaatkan seluruh potensi yang ada. Baik kepada kita sendiri sebagai umat manusia, maupun kepada alam yang sudah tersedia. Petani harus makin maju, makin modern menghadapi era digital dan tantangan kedepan," ujar Syahrul.

Lebih lanjut, Syahrul mengatakan, yakin program Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh kali ini mampu memberikan dampak besar bagi pembangunan kehidupan bangsa saat ini dan juga di masa depan. 

"Saya yakin apa yang kita capai hari ini adalah bagian-bagian untuk menghadirkan energi bangsa dalam rangka membangun kehidupan kedepan yang lebih baik dan juga lebih sejahtera," ujar Syahrul.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menambahkan, hingga saat ini peserta yang mengikuti pelatihan mencapai 1,7 juta perserta.

"Kami melaukan Pelatihan Sejuta Petani dan penyuluh ini sebagai tindak lanjut dari arahan Bapak mengenai digitalisasi di dalam pelatihan pertanian. Alhamdulillah kita lakukan secara offline dan onlien," jelas Dedi.

"Untuk yang offline kami digelar di seluruh unit pelaksana teknis (UPT) Pelatihan Kementan. "Bakan kami bikin titik kumpul, ada di Balai Penyuluh Pertanian (BPP), Dinas Pertanian, dan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S)," sambungnya.

 

Sebagai informasi, pelatihan ini melibatkan petani, Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S), Ikatan Alumni Magang Jepang (IKAMAJA), Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA), Duta Petani Milenial/Duta Petani Andalan (DPM/DPA), Perhimpunan Penyuluh Pertanian (PERHIPTANI) dan insan pertanian lainnya yang akan dilaksanakan oleh UPT lingkup BPPSDMP.

TAGS : KUR Agribisnis Pelatihan Sejuta Petani Dedi Nursyamsi BPPSDMP Syahrul Yasin Limpo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :