Kamis, 07/07/2022 03:30 WIB

Inggris Konfirmasi Transmisi Lokal Cacar Monyet

Inggris konfirmasi transmisi lokal cacar monyet

Telapak tangan pasien kasus cacar monyet dari Lodja, sebuah kota yang terletak di dalam Zona Kesehatan Katako-Kombe, terlihat selama penyelidikan kesehatan di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1997. Brian W.J. Mahy/CDC/Handout via REUTERS

JAKARTA, Jurnas.comInggris mengalami infeksi harian cacar monyet (monkeypox) langka yang tidak ada hubungannya dengan perjalanan ke Afrika Barat, tempat penyakit itu endemik, kata seorang pejabat kesehatan, Minggu (22/5).

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengatakan, angka baru akan dirilis pada  Senin, setelah mencatat 20 kasus pada Jumat pekan lalu.

"Kami menemukan kasus yang tidak teridentifikasi kontak dengan individu dari Afrika Barat, yang telah kami lihat sebelumnya di negara ini," kata kepala penasihat medis UKHSA, Susan Hopkins kepada televisi BBC.

"Kami mendeteksi lebih banyak kasus setiap hari," sambungnya.

Hopkins menolak untuk mengkonfirmasi laporan bahwa satu orang berada dalam perawatan intensif, tetapi mengatakan wabah itu terkonsentrasi di daerah perkotaan, di antara pria gay atau biseksual.

"Risiko populasi umum tetap sangat rendah saat ini, dan saya pikir orang perlu waspada terhadapnya," katanya, menambahkan bahwa untuk kebanyakan orang dewasa, gejalanya akan relatif ringan.

Kasus Inggris pertama diumumkan pada 7 Mei, pada pasien yang baru saja bepergian ke Nigeria. Penyakit ini juga menyebar di Eropa dan Amerika Utara.

Cacar monyet dapat ditularkan melalui kontak dengan lesi kulit dan tetesan orang yang terkontaminasi, serta barang-barang bersama seperti tempat tidur dan handuk.

Gejalanya meliputi demam, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, kedinginan, kelelahan, dan ruam seperti cacar air di tangan dan wajah. Mereka biasanya hilang setelah dua hingga empat minggu.

Tidak ada pengobatan khusus tetapi vaksinasi terhadap cacar telah ditemukan sekitar 85 persen efektif dalam mencegah cacar monyet.

Sekretaris Pendidikan Nadhim Zahawi mengatakan pemerintah Inggris sudah mulai membeli stok vaksin cacar. "Kami menganggapnya sangat, sangat serius," katanya kepada BBC.

TAGS : Inggris Cacar Monyet Tranmisi Lokal Monkeypox




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :