Kamis, 07/07/2022 02:29 WIB

Prancis akan Dukung Swedia dan Finlandia Secara Politik dan Militer

Prancis Dukung Swedia dan Finlandia Secara Politik Maupun Militer

Presiden Prancis Emmanuel Macron (Foto: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Prancis siap mendukung Swedia dan Finlandia, yang baru-baru ini mengumumkan keputusan mereka untuk bergabung dengan North Atlantic Treaty Organization (NATO), baik secara politik maupun militer.

Prancis juga akan melindungi kedua negara Nordik dari ancaman atau serangan apa pun, saat Rusia mengancam akan menanggapi jika NATO mulai memperkuat infrastruktur militer Swedia dan Finlandia

"Siapa pun yang ingin menguji solidaritas Eropa dengan mengancam atau menyerang kedaulatan mereka, melalui cara apa pun, harus yakin bahwa Prancis akan bahu-membahu dengan Finlandia dan Swedia," kata Elysee dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Alarabiya News.

"Prancis menegaskan kembali komitmen dan solidaritasnya berdasarkan Pasal 42.7 Perjanjian Uni Eropa, dan siap meningkatkan kerja sama keamanan dan pertahanannya dengan kedua mitra, termasuk melalui konsultasi politik tingkat tinggi dan interaksi militer yang ditingkatkan," sambungnya.

Kedua negara Nordik mengkonfirmasi secara resmi bahwa mereka akan bergabungn dengan NATO, mengakhiri dekade nonalignment militer dalam langkah bersejarah yang didorong oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Moskow telah berulang kali memperingatkan konsekuensi jika Helsinki dan Stockholm bergabung dengan NATO.

Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan pada Senin (16/5) Rusia tidak memiliki masalah dengan Finlandia atau Swedia, sehingga tidak ada ancaman langsung dari perluasan NATO yang mencakup negara-negara tersebut.

"Tetapi perluasan infrastruktur militer ke wilayah ini tentu akan memancing tanggapan kami," kata Putin kepada para pemimpin Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif, yang meliputi Belarus, Armenia, Kazakhstan, Kirgistan, dan Tajikistan

TAGS : Prancis Swedia Finlandia NATO Invasi Rusia ke Ukraina Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :