Jum'at, 26/04/2024 17:01 WIB

Inilah Santapan Khas Lebaran di Indonesia

Hidangan saat menyambut hari raya Idul Fitri memiliki khas setiap daerah. Hal itu tidak terlepas dari kekayaan kuliner nusantara membuat tradisi makanan lebaran yang beragam.

Ketupat (Wikipedia)

Jakarta, Jurnas.com - Hidangan saat menyambut hari raya Idul Fitri memiliki khas setiap daerah. Hal itu tidak terlepas dari kekayaan kuliner nusantara membuat tradisi makanan lebaran yang beragam.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, ada berbagai hidangan khas yang dijadikan menu Lebaran favorit banyak orang, mulai dari ketupat, rendang, sambal goreng ati, dan kentang, dan masih banyak lagi.

Berikut aneka menu lebaran favorit yang tidak boleh dilewatkan di hari lebaran:

1. Ketupat

Ketupat atau kupat merupakan salah satu menu lebaran yang wajib ada saat di momen Lebaran di Indonesia. Saking melekatnya tradisi ketupat, hidangan ini tidak hanya ditemukan di piring makan hari raya, namun juga bentuk ketupat yang dijadikan sebagai inspirasi desain dan dekorasi menyambut Idul Fitri.

Biasanya, ketupat disantap bersama hidangan khas lebaran lainnya, seperti rendang, opor ayam, semur daging, sate ayam, dan masih banyak lagi.

2. Opor Ayam

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang dibuat menggunakan campuran santan dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya, seperti kencur dan serai.

Hidangan ini merupakan salah satu menu lebaran favorit banyak orang saat sedang merayakan hari raya Idul Fitri. Biasanya, orang-orang akan menikmati opor ayam bersama ketupat yang telah dipotong-potong dan taburan bawang goreng yang gurih.

3. Semur Daging

Menu Lebaran lainnya yang terbuat dari bahan baku daging yaitu semur daging. Biasanya, masakan ini dibuat oleh keluarga yang tidak menghidangkan rendang. Namun, beberapa keluarga juga menghidangkan rendang daging dan semur daging secara bersamaan sebagai menu lebaran komplit.

Semur daging sendiri merupakan masakan daging rebus yang diolah dengan kecap manis dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya.

4. Lontong Sayur

Lontong sayur biasanya ditemui dengan mudah di pagi hari di akhir pekan ketika banyak keluarga yang memutuskan untuk pergi sarapan bersama di luar rumah.

Namun, lontong sayur juga identik dengan sering dijadikan menu favorit banyak orang di hari raya Idul Fitri. Masakan lontong sayur sendiri merupakan hidangan khas Minangkabau yang identik dengan kuah santan dan bumbu khas masakan Minang.

5. Sambal Goreng Ati

Masakan khas Lebaran di Indonesia selanjutnya yaitu sambal goreng ati, lauk lainnya yang bisa melengkapi sajian ketupat di hari lebaran. Sama halnya dengan opor ayam, kuliner khas Idul Fitri ini terbuat dari ragam rempah yang dimasak bersama arti dan sayur seperti buncis atau kentang.

6. Rendang

Rendang merupakan kuliner khas asal Padang yang popularitasnya sudah sangat mendunia. Meskipun sangat mudah ditemukan setiap harinya di restoran-restoran Padang, rendang juga biasanya menjadi salah satu makanan khas lebaran yang kerap disajikan bersama opor ayam dan juga ketupat.

7. Lemang

Lemang merupakan makanan khas masyarakat Melayu yang sekilas terlihat seperti lontong. Perbedaannya yaitu lemang dibuat dari beras ketan dan santan serta dimasak dengan menggunakan bambu.

Lemang dijadikan pada saat hari Lebaran di beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan serta di negara-negara tetangga seperti Malaysia. Makanan khas lebaran Indonesia ini merupakan alternatif pengganti ketupat yang tidak kalah lezat jika disantap bersama opor ayam ataupun rendang.

8. Sayur Lodeh

Sayur lodeh merupakan masakan sayur yang berkuah santan khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sayur lodeh juga mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya, ada yang santannya berwarna putih, ada juga santan yang berwarna kuning kemerahan.

9. Serundeng Daging

Makanan khas lebaran di Indonesia dari olahan daging selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu serundeng. Masakan ini memberikan kenikmatan dengan sentuhan ajaib dari rempah-rempah berbahan dasar daging sapi dan kelapa yang diparut tipis. Masakan ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan lauk tanpa terlalu banyak kuah.

10. Gulai Sayur

Jika Anda cukup jenuh dengan masakan yang berbahan daging, gulai sayur bisa jadi salah satu alternatifnya. Sayuran yang biasanya dibuat menjadi gulai sayur ini biasanya adalah daun singkong, bayam, nangka, dan berbagai sayur hijau yang lain. Bahan pembuatannya mulai dari santan, kunyit, bawang, lengkuas, jahe, dan ketumbar.

11. Sayur Labu Siam

Labu siam merupakan sayur yang banyak tumbuh di Indonesia dan banyak diolah menjadi sayur labu siam. Sayur ini dibuat dari labu siam yang diberi kuah santan beserta bumbu bawang, ketumbar kemiri, dan garam. Sayur labu siam biasanya bisa dihidangkan saat lebaran bersama dengan menu lain seperti rendang, opor, dan ayam goreng.

12. Sayur Pepaya

Menu Lebaran selanjutnya yaitu sayur pepaya muda dengan kuah santan merah.Masakan ini hampir mirip dengan sayur labu siam yang memiliki tekstur potongan sayur yang lembut dengan kombinasi bumbu kuah merah yang khas. Sayur pepaya biasanya paling nikmat ketika dihidangkan bersama dengan potongan ketupat saat Lebaran.

13. Kentang Mustofa

Selain makanan berkuah dan bersantan, ada juga menu khas Lebaran yang kriuk dan gurih yang menjadi favorit banyak orang di hari lebaran, yaitu kentang mustofa. Kentang mustofa merupakan masakan yang terbuat dari parutan kentang yang digoreng dan kemudian dilumuri dengan bumbu balado yang nikmat. Hidangan ini memiliki tekstur yang renyah dengan cita rasa yang menggugah.

14. Sate Ayam

Sate ayam merupakan salah satu hidangan yang biasanya disajikan untuk menu lebaran komplit. Hidangan ini terbuat dari bahan dasar potongan ayam yang dibakar menggunakan bumbu kecap dan dilumuri dengan saus kacang yang gurih dan manis.

Sebenarnya, sate ayam tidak hanya menjadi menu favorit saat momen Lebaran saja. Namun juga sering dijadikan menu andalan untuk berbagai acara dan perayaan lainnya.

15. Pempek Palembang

Selain menu hidangan utama, ada juga menu hidangan pelengkap yang menjadi favorit banyak orang saat di hari raya Lebaran, yaitu pempek Palembang.

Pempek Palembang merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan tenggiri yang digiling lembut dan dicampurkan dengan tepung sagu atau tepung kanji. Biasanya, pempek akan disajikan dengan kuah cuka yang asam, manis, dan pedas. Kombinasi rasa pempek dan kuah cuka yang nikmat membuat pempek sebagai hidangan pelengkap favorit banyak orang.

16. Tekwan

Bagi orang Sumatera, tekwan menjadi hidangan andalan yang wajib ada saat Lebaran. Bagi Anda yang belum tahu, tekwan adalah jenis makanan olahan ikan yang mirip dengan pempek. Kedua jenis makanan tersebut sama-sama menggunakan sagu dalam pengolahannya.

Perbedaannya yaitu pempek digoreng dan dimakan dengan cuka. Sedangkan tekwan direbus dengan kuah yang sudah diberi bumbu dan biasanya dilengkapi dengan bihun.

17. Rawon Daging

Rawon merupakan masakan khas Jawa Timur berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang memakai buah kluwek. Menu rawon sering disajikan pada hari raya besar atau Idul Adha.

18. Lapis Sambas

Jika biasanya lebaran identik dengan kue kering, di Kalimantan Barat, kue lapis dihidangkan sebagai sajian utama untuk para tamu. Ada banyak jenis kue lapis, seperti lapis susu, belacan, sepiti, agar-agar, nanas, kacang, hingga lapis sabun. Kue lapis ini bisa ditemukan di Singkawang atau Kabupaten Sambas.

19. Kue Putri Salju

Kue kering satu ini juga menjadi salah satu kue yang wajib saat ada Lebaran.  Kue yang berbentuk bulan sabit dan diatasnya diberi taburan gula halus ini menjadikan bentuknya mirip dengan salju. Putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, maizena, mentega, dan kuning telur. Sensasi dari makan kue ini disukai oleh banyak orang karena rasanya yang manis dan dingin saat digigit.

20. Kastengel

Makanan kue kering terakhir ini banyak dicari saat hari raya Lebaran, salah satunya yaitu kastengel. Kastengel merupakan kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Kue ini berbentuk persegi panjang dengan panjang sekitar 3 sentimeter.

KEYWORD :

Hari Raya Idul Fitri Makanan Khas Lebaran di Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :