Jum'at, 01/07/2022 11:00 WIB

Hampir 5,2 Juta Warga Ukraina Melarikan Diri dari Perang

Jumlah total 5.186.744 merupakan peningkatan 23.058 dari data hari Sabtu.

UE melihat risiko tinggi perdagangan anak karena 3,3 juta orang Ukraina melarikan diri ke Eropa

JAKARTA, Jurnas.com - Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) mengatakan, jumlah warga Ukraina yang meninggalkan negara itu sejak invasi Rusia dua bulan lalu mendekati 5,2 juta. Jumlah total 5.186.744 merupakan peningkatan 23.058 dari data hari Sabtu.

UNHCR mengatakan, lebih dari 1.151.000 orang Ukraina telah pergi selama April sejauh ini, dibandingkan dengan 3,4 juta di bulan Maret saja.

Angka-angka terbaru datang ketika Ukraina menandai Minggu Paskah Ortodoks.

"Bagi rakyat Ukraina, dan mereka yang terpaksa meninggalkan negara itu, itu akan menjadi hari lain dari ketakutan, kesedihan, kehilangan, dan perpisahan dari orang-orang terkasih, karena perang terus berkecamuk tanpa ampun," tulis Kepala UNHCR, Filippo Grandi di Twitter.

"Semoga kekuatan dan keberanian menyertai mereka," sambungnya.

Organisasi Internasional untuk Migrasi PBB (IOM) mengatakan tambahan 218.000 warga negara ketiga - sebagian besar pelajar dan pekerja migran - juga telah melarikan diri ke negara-negara tetangga sejak invasi 24 Februari.

Wanita dan anak-anak menyumbang 90 persen dari mereka yang melarikan diri ke luar negeri, dengan pria berusia 18 hingga 60 tahun yang memenuhi syarat untuk panggilan militer tidak dapat pergi.

Di luar pengungsi, IOM memperkirakan lebih dari 7,7 juta orang telah mengungsi di Ukraina.

Hampir dua pertiga anak-anak Ukraina harus meninggalkan rumah mereka, termasuk mereka yang tetap tinggal di negara itu.

Sebelum invasi, Ukraina memiliki populasi 37 juta jiwa di wilayah-wilayah di bawah kendali pemerintah, tidak termasuk Krimea yang dicaplok Rusia dan wilayah-wilayah yang dikuasai separatis pro-Rusia di timur.

Berikut adalah rincian berapa banyak pengungsi Ukraina yang melarikan diri ke negara-negara tetangga, menurut UNHCR:

POLANDIA

Hampir enam dari 10 pengungsi Ukraina, sejauh ini 2.899.713 telah menyeberang ke Polandia. Banyak dari mereka telah melakukan perjalanan ke negara-negara lain di zona perbatasan terbuka Schengen Eropa.

Sementara itu, lebih dari 800.000 orang telah menyeberang dari Polandia ke Ukraina, kata penjaga perbatasan Polandia. Sebelum perang, Polandia adalah rumah bagi sekitar 1,5 juta orang Ukraina, terutama pekerja migran.

RUMANIA

Sebanyak 774.074 warga Ukraina telah memasuki negara anggota Uni Eropa pada 22 April, termasuk sejumlah besar yang menyeberang dari Moldova, terjepit antara Rumania dan Ukraina.

Sebagian besar diperkirakan telah pergi ke negara lain.

RUSIA

578.255 pengungsi lainnya telah mencari perlindungan di Rusia, menurut data yang terakhir diperbarui pada 21 April.

Selain itu, 105.000 orang menyeberang ke Rusia dari wilayah Donetsk dan Lugansk yang dikuasai separatis di Ukraina timur antara 18 dan 23 Februari.

HUNGARIA

Sebanyak 489.754 warga Ukraina telah memasuki Hongaria.

MOLDOVA

Perbatasan Moldova adalah yang paling dekat dengan kota pelabuhan utama Odessa. Sebanyak 433.214 orang Ukraina telah menyeberang ke negara non-UE, salah satu yang termiskin di Eropa. Sebagian besar telah pindah.

SLOVAKIA

Sebanyak 354.329 orang telah melintasi perbatasan terpendek Ukraina ke Slovakia.

BELARUS

24.084 pengungsi lainnya berhasil mencapai utara ke sekutu dekat Rusia Belarus pada 21 April.

Sumber: AFP

TAGS : UNHCR Pengungsi Ukraina Invasi Rusia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :