Jum'at, 01/07/2022 11:56 WIB

Gelar Pasar Tani, Kementan Dorong Ketersediaan Pangan di Kepulauan Riau

Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, pemerintah harus hadir dan memastikan kebutuhan pangan pokok tersedia dan terjangkau menghadapi bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri 1443 H.

Pasar tani murah. (Foto: Ist)

KEPULAUAN RIAU, Jurnas.com - Dorong ketersediaan dan stabilitas harga pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama dengan Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Riau dan Dinas Pertanian Kota Tanjung Pinang mengadakan pasar tani selama Ramadan hingga Idul Fitri 1443 H.

Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, pemerintah harus hadir dan memastikan kebutuhan pangan pokok tersedia dan terjangkau menghadapi bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri 1443 H. Oleh karena itu dibentuklah Tim Pengawalan dan Monitoring" ujarnya.

"Tim Pengawalan dan Monitoring mempunyai tugas melakukan pengawalan, koordinasi, dan monitoring terhadap kepastian ketersediaan dan harga bahan pokok, khususnya dalam menghadapi hari besar keagamaan nasional bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri 1443 H," ujarnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi berharap Tim Pengawalan dan Monitoring Ketersediaan dan Harga Bahan Pangan Pokok bisa bekerja maksimal.

"Bahan pokok sangat dibutuhkan selama Ramadan serta hari raya. Karena itu, kita minta tim bekerja efektif untuk memastikan bahan pokok tersedia dan harganya terjangkau di tingkat masyarakat," ujarnya.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP Kementan, Bustanul Arifin Caya, yang menjadi Penanggungjawab Tim Pengawalan dan Monitoring Pangan Pokok di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meninjau langsung pelaksanaan pasar tani bersama Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Kesehatan Hewan dan Kepala Dinas Pertanian Tanjung Pinang ke Gerai Pangan, Hang Lengkir, Tanjung Pinang, Minggu (24/4).

Dari hasil tinjauan tersebut, Bustanul menjelaskan dengan adanya pasar tani ini maka akan memutus rantai pasar, dimana produsen akan bertemu langsung dengan konsumen. "Dengan pertemuan langsung ini, maka konsumen akan mendapatkan harga yang lebih murah dan petani akan mendapatkan harga yang lebih baik," tuturnya.

"Tentu kami ingin kebutuhan masyarakat tak terganggu sama sekali. Oleh karenanya, kami akan terus bergerak memantau dan menjamin ketersediaan dan harga pangan," ujar Bustanul lagi.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjung Pinang, Yon Fadri juga menjelaskan bahwa pasar tani ini dilakukan setiap hari dan diikuti oleh para petani dari 20 kelompok tani yang berasal dari Kota Tanjung Pinang. " Adanya pasar tani ini juga menjaga ketersediaan komoditas pangan dan harga," ujarnya lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri, Rika Azmi menyambut baik digelarnya Pasar Tani yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kota Tanjung Pinang bekerjasama dengan Kementan. "Keberadaan pasar tani ini membuktikan hadirnya pemerintah untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat terhadap ketersediaan pangan yang dibutuhkan, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri," tutur Rika.

TAGS : Pasar Tani Kementan Ketersediaan Pangan Kepri Kepulauan Riau




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :